Bintang PON 2016

Glindra Patricia: Dari Renang Lalu Jatuh Cinta pada Polo Air

Kautsar Halim    •    27 September 2016 14:02 WIB
pon 2016
Glindra Patricia: Dari Renang Lalu Jatuh Cinta pada Polo Air
Glindra Patricia Legawa, salah satu bintang tim putri DKI Jakarta pada cabor Polo Air (Foto: MTVN/Kautsar Halim)

Metrotvnews.com, Bandung: Glindra Patricia Legawa memang masih berusia 15 tahun ketika membela tim Polo Air DKI Jakarta pada final PON XIX/2016 Jawa Barat. Namun, itu bukan hambatan untuk menjadikannya bintang arena. Berkat ketepatan tembakannya, DKI berhasil meraih emas lewat cabor polo air putri.

Tim polo air putri Jakarta meraih emas dengan menaklukkan Jawa Barat pada final dengan skor telak, 14-8. Jalannya pertandingan tampak berat sebelah, karena DKI berhasil mendominasi laga dan jarang menyia-nyiakan kesempatan yang ada. Berkali-kali, gawang Jabar harus robek karena tembakan jarak jauh para srikandi Ibu Kota.

Glindra yang tampil dengan nomor kepala sembilan sukses menjadi pemain tersubur dengan mencetak lima gol dalam laga tersebut. Namun, pencapaian itu tidak didapat begitu saja. Pasalnya, ada beberapa kisah yang diceritakannya sebelum berhasil.

BACA: DKI Jakarta Kawinkan Gelar Juara Polo Air PON 2016

Keluarga Polo Air
Buah jatuh tidak jauh dari pohonnya. Peribahasa itu tampaknya cocok disematkan untuk Glindra yang memang merupakan putri dari mantan atlet polo air Indonesia, Andreas Legawa. Lewat bantuan ayahnya, Glindra mengaku mulai serius menggeluti polo air sejak 11 tahun. 

"Awalnya saya di olahraga renang. Tapi, karena bosan jadi tertarik dengan polo air. Lagipula, saya memang berasal dari keluarga polo air. Papa saya mantan atlet. Terus, kakak dan adik saya juga ada di tim DKI Jakarta," kata Glindra yang merupakan kakak dari Melyn Cecilia Legawa dan adik dari Brandley Ignatius Legawa.

Punya keluarga yang berkecimpung di bidang yang sama juga bukan berarti bisa dimudahkan untuk meraih prestasi. Glindra juga harus menjalani latihan berat setiap hari, serta merelakan masa remajanya terenggut karena jadwal latihan yang terlalu padat. Beruntung, pendidikan formal Glindra bisa tertolong lewat homeschooling.

"Saya latihan sehari tiga kali. Pagi latihan fisik, kemudian siang dan sore latihan di dalam air. Liburnya hanya hari Minggu. Itu pun biasanya dimanfaatkan untuk menonton bioskop dan jalan-jalan," papar gadis berzodiac Libra tersebut.

BACA JUGA: Berjalan Aman, Tim Polo Air DKI Jakarta Taklukkan Jabar di Final

Prestasi dan Target
Bukan hanya lewat PON 2016 Jabar, keseriusan Glindra untuk polo air sudah langsung membuahkan hasil dalam beberapa tahun belakangan ini. Ia mengaku sudah ditarik Pelatnas sejak umur 13 tahun, membantu Indonesia meraih perunggu pada SEA Games 2015 Singapura dan memberikan emas untuk DKI pada PON 2012 Riau.

"Setelah ini, saya langsung mempersiapkan diri untuk SEA Games 2017 dan Asian Games 2018. Target saya di dua event itu adalah meraih emas," tutup anak kedua dari empat bersaudara tersebut.

Profil Glindra Patricia
Nama Lengkap: Glindra Patricia Legawa
Tempat, Tanggal lahir: Jakarta, 30 September 2000
Bidang Olahraga: Polo Air
Zodiak: Libra
Nama Ayah: Andreas Legawa
Nama Ibu: Aurelia Lily
Hobi: Menonton TV, Membaca Novel
Makanan Kesukaan: Nasi Goreng
Lagu Favorit/ Nama penyanyi: Kill Em With Kindness - Selena Gomez
Warna Favorit: Ungu
Motto Hidup: Do the best and pray. God will take care of the rest.
Sosok Panutan: Papa

Video: Polo Air Putri DKI Raih Medali Emas



(ACF)