SEA Games 2017

72 Atlet Anggar Bersaing Masuk Pelatnas SEA Games 2017

   •    07 November 2016 21:28 WIB
olahragaanggar
72 Atlet Anggar Bersaing Masuk Pelatnas SEA Games 2017
Ilustrasi (Foto: Antara)

Metrotvnews.com, Jakarta: Sebanyak 72 atlet anggar terbaik dari seluruh Indonesia bersaing masuk pemusatan latihan nasional (pelatnas) SEA Games 2017 maupun Asian Games 2018. Dari jumlah tersebut hanya 24 atlet yang akan terpilih mewakili Indonesia di ajang multievent internasional tersebut.

Wakil Ketua Pelaksana Seleksi Nasional Ikatan Anggar Seluruh Indonesia (Ikasi) Khairuman di Jakarta, Senin 7 November 2016, mengatakan proses seleksi sendiri dilakukan selama tiga hari dan dari hasil tersebut selanjutnya akan diserahkan kepada Satuan Pelaksana Program Indonesia Emas (Satlak Prima).

"Seleksi nasional ini untuk semua kelas yaitu floret, sabel dan degen baik putra maupun putri. Kami berharap, seleksi ini mampu menghasilkan atlet-atlet potensial," kata Khairuman dalam keterangan tertulis yang diterima media.

Atlet anggar yang menjalani seleksi nasional di Jakarta Selatan ini terbilang pilihan karena merupakan atlet yang diambil dari ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) 2016 di Jawa Barat beberapa waktu lalu. Selain itu atlet-atlet ini direkomendasikan oleh pelatih dari tiap daerah. Tujuh Atlet Bisbol Kaltim Ikut Seleksi Timnas Asian Games.

Dengan sistem seleksi nasional yang diterapkan diharapkan terpilih atlet potensial. Apalagi pada SEA Games 2017 di Malaysia maupun Asian Games 2018 ditargetkan cabang anggar mampu meraih dua medali emas.

"Kita akan melakukan yang terbaik dan semaksimal mungkin dalam membina atlet agar bisa mengharumkan nama bangsa di kancah internasional," kata Ketua Ikasi Agus Suparmanto di sela peninjauan seleksi nasional.

Demi meningkatkan performa atlet yang dipersiapkan untuk menghadapi SEA Games 2017 dan Asian Games 2018, PB Ikasi juga melakukan kerja sama dengan beberapa pihak, termasuk dengan federasi anggar Korea. Negeri Ginseng dilirik karena sistem pembinaan dan pestasi atletnya sudah mendunia.

"Atlet yang terpilih nantinya akan melakukan latihan bersama dengan atlet anggar Korea. Sesuai dengan rencana, program akan dijalankan pada Desember nanti," kata Khairuman.

Melihat potensi yang ada saat ini, Agus menilai peluang atlet -atlet Indonesia untuk meraih prestasi terbaik di kejuaraan internasional terbuka. Untuk itu dukungan semua pihak, termasuk pemerintah sangat diharapkan.(ant)

Video: Liverpool Pantas di Puncak Klasemen
 


(RIZ)