Jelang Asian Games 2018

Kelayakan SUGBK di Asian Games 2018 Sudah Teruji

Patrick Pinaria    •    09 November 2017 14:15 WIB
asian games 2018
Kelayakan SUGBK di Asian Games 2018 Sudah Teruji
Seorang pekerja tengah sibuk memugar Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) yang akan jadi venue Asian Games 2018 (Foto: ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

Metrotvnews.com, Jakarta: Stadion Utama Gelora Bung Karno sedang dalam tahap pemugaran. Tahap itu dilakukan untuk persiapan menjadi salah satu arena utama gelaran Asian Games 2018.

Meski demikian, kekuatan bangunan SUGBK masih dipertanyakan saat ini, terutama untuk menampung banyak peralatan untuk siaran produksi Asian Games 2018 seperti lampu-lampu kapasitas besar dan kamera-kamera untuk penyiaran. Bukan apa-apa. Bangunan stadion itu sudah berusia 55 tahun. 

Ketika ditanyakan mengenai hal ini, juru bicara panitia penyelenggara Asian Games 2018 (INASGOC) Dadi Muldiansyah memastikan kekuatan bangunan stadion tersebut sudah dinyatakan layak oleh Olympic Council of Asia (OCA).
 

Baca: Biaya Penyiaran Asian Games 2018 Mencapai Rp800 Miliar


"Semua stadion sudah diaudit oleh OCA. Kebutuhannya sudah dimasukkan saat GBK masuk dalam tahap renovasi, termasuk penguatan struktur bangunan," ujar Dadi.

"Bukan hanya tampak luar dan dalam. Tetapi, seluruh penguatan bangunan yang mengakomodasi upacara pembukaan dan penutupan. Itu sudah termasuk dalam perhitungan lampu, kamera, dan lain-lain. Jadi tidak ada masalah dalam kelayakan kekuatan stadion," lanjutnya.

Asian Games 2018 akan digelar di Jakarta dan Palembang. Pesta olahraga bergengsi di Asia itu akan digelar pada 18 Agustus hingga 2 September. Untuk upacara pembukaan dan penutupan akan digelar di tempat yang sama, yakni SUGBK.

Video: ?Metro TV & Sean Gelael Kunjungi Anak-anak Penderita Kanker
 




(ACF)