Jelang Asian Games 2018

Ambisi Valentino Wuwungan di Timnas Bola Basket Indonesia

Kautsar Halim    •    07 Februari 2018 23:44 WIB
bola basket
Ambisi Valentino Wuwungan di Timnas Bola Basket Indonesia
Valentino Wuwungan saat berseragam Stadium Jakarta. (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Jakarta: Valentino Wuwungan mengincar satu tempat di tim nasional bola basket Indonesia. Itu ia inginkan karena tertarik untuk ikut berlaga dan mengharumkan nama bangsa di ajang Asian Games 2018.

Valentino yang memiliki tinggi 193 cm imerupakan "Big Man" bagi Pelita Jaya. Kemampuannya di bawah ring sudah tidak perlu diragukan lagi karena selalu diasah bersama klubnya lewat Liga Bola Basket Indonesia (IBL). 


Klik: Kejar Desfisit 21 Poin, Magic Bungkam Cavaliers


Saat ini, Valentino memang sudah termasuk dalam 12 pemain timnas bola basket Indonesia. Namun proses degradasi tetap ada karena para pemain itu dipilih untuk mengarungi turnamen uji coba bola basket  Asian Games 2018 pada 8-12 Februari mendatang.

"Saya mau memberikan yang terbaik agar bisa mendapatkan kepercayaan dari pelatih," ujar Valentino ketika ditemui di Jakarta, Rabu (7/2/2018).


Klik: Porzingis Cedera saat Knicks Ditaklukkan Bucks


Valentino menjelaskan, dirinya merasa nyaman saat dibesut pelatih timnas bola basket Indonesia, Fictor Roring. Meski demikian, ia tidak bisa menutupi rasa canggungnya ketika akhirnya terpilih dari 12 nama yang dipanggil. 

"Tapi sekarang sudah tidak ada masalah. Saya sudah lebih percaya diri karena ini membawa nama Indonesia," kata Valentino.

Pemain kelahiran Manado mengklaim siap mengikuti seluruh strategi pelati saat turnamen uji coba digelar. Dia siap bermain "inside" maupun "outside" sambil mengerahkan 100 persen kemampuannya.

"Saya percaya 'big man' Indonesia bisa mengatasi big man lawan dari luar
negeri," ujar Valentino,

Timor Leste akan menjadi lawan pertama tim nasional bola basket putra Indonesia di ajang turnamen uji coba jelang Asian Games 2018. Pertandingannya akan berlangsung di Hall Basket Senayan, Jakarta, Kamis 8 Februari pada pukul 16.30 WIB.

Berikut daftar lengkap para pemain yang diboyong tim Indonesia:

Andakara Prastawa, Arki Dikania Wisnu, Christian Ronaldo Sitepu, Adhi Pratama, Kevin Yonas Sitorus, Daniel Wenas, Avan Seputra, Xaverius Prawiro, Respati Ragil Pamungkas, Valentino Wuwungan, Kaleb Ramot Gemilang dan pemain naturalisasi Jamarr Andre Johnson. (ANT)




(KAU)