Asian Para Games 2018

Tinjau Venue Para Games, Mensos: Masih Ada yang Perlu Disempurnakan

Patrick Pinaria    •    28 September 2018 19:06 WIB
asian para games
Tinjau Venue Para Games, Mensos: Masih Ada yang Perlu Disempurnakan
Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita mengajak perwakilan penyandang disabilitas saat mengecek kesiapan venue Asian Para Games 2018 (Foto: medcom.id/Patrick Pinaria)

Jakarta: Menteri Sosial Republik Indonesia (RI) Agus Gumiwang Kartasasmita melakukan kunjungan ke sejumlah venue Asian Para Games 2018 di kompleks Gelora Bung Karno (GBK) pada Jumat 28 September. Istana Olahraga (Istora) dan arena panahan menjadi arena didatangi Agus.

Agus tak sendiri meninjau venue Asian Para Games. Ia didampingi Ketua Umum INAPGOC (panitia penyelenggara Asian Para Games) Raja Sapta Oktohari dan beberapa para penyandang disabilitas.

Diikutsertakannya para penyandang disabilitas dimaksudkan untuk mendapatkan masukan yang lebih baik terkait kesiapan venue agar ramah disabilitas. Beberapa hal yang jadi perhatian dalam kunjungan ini adalah soal akses ramp, toilet, hingga tribun penonton. 
 

Baca: Jadwal Siaran Langsung Liga Top Eropa Akhir Pekan Ini


Usai kunjungan, Agus menyampaikan beberapa catatan untuk INAPGOC yang harus dilakukan dalam mempersiapkan venue Asian Para Games 2018 nanti. Salah satunya adalah fasilitas dan akses jalan untuk penyandang disabilitas di seluruh venue.

"Ada beberapa hal yang saya temui hari ini. Pertama mengenai akses disabilitas. Tadi saya berjalan sama Pak Ginting (tuna netra), memang ada beberapa ramp (jalur untuk kursi roda) yang perlu disempurnakan. Karena masih ada jalur yang terputus," ujar Agus di Istora, Jakarta, Jumat (28/9/2018).

"Lalu kemudian saat teman-teman penyandang tuna netra mau menyebrang, itu menjadi catatan bagi kita," tambahnya.

"Jalan keluarnya, pertama bisa menambah atau memperpanjang ramp, atau yang kedua kita berkoordinasi dengan teman-teman relawan untuk membantu teman-teman penyandang tuna netra agar mobilitasnya lebih nyaman dan lebih baik," tutur Agus.
 

Baca juga: Laga Arema FC vs Madura United untuk Haringga Sirla


Agus juga membeberkan alasannya mengundang para penyandang disabilitas untuk hadir mengunjungi arena di GBK bersama hari ini. Ia ingin mendapat masukan dari mereka termasuk fasilitas venue untuk Asian Para Games.

"Kedua, kami ke sini ingin mendapat masukan dari teman-teman kita, penyandang disabilitas (termasuk bu Cucu) agar penyelenggaraan Asian Para Games berjalan baik, sukses, kita masih ada waktu untuk terus menyempurnakan persiapan-persiapan ini," ungkap Agus.

Asian Para Games 2018 akan digelar di Jakarta. Pesta olahraga terakbar kaum disabilitas di Asia itu bergulir dari 6 hingga 13 Oktober.

Tak ingin ketinggalan update berita bola dan olahraga? Follow instagram kami @medcom_olahraga

Video: ?Suporter Bola di Indramayu Gelar Deklarasi Damai




(ACF)