Asian Para Games 2018

Upacara Pembukaan Asian Para Games 2018 Bakal Bikin Pintar

Kautsar Halim    •    28 September 2018 00:37 WIB
asian para games
Upacara Pembukaan Asian Para Games 2018 Bakal Bikin Pintar
Ketua INAPGOC Raja Sapta Oktohari (Foto: medcom.id/Kautsar Halim)

Jakarta: Ketua INAPGOC, Raja Sapta Oktohari, menganjurkan publik Tanah Air untuk tidak melewatkan upacara pembukaan Asian Para Games 2018. Itu ia katakan karena acaranya bisa membuat pintar.

"Kalau datang ke upacara pembukaan Asian Para Games 2018, kita bakal lebih pintar karena banyak pembelajaran dan informasi yang mencerdaskan," kata Okto.

Pernyataan itu disampaikan dalam jumpa pers mengintip gladi kotor seremoni pembukaan Asian Games 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) pada Kamis 27 September. Disebut mengintip karena para awak media hanya diberi waktu sekitar 15 menit untuk meliputnya.
 

Baca: Tak Dapat Sanksi Tambahan, Ronaldo Bisa Main Kontra MU


Meski kesempatan itu terasa singkat, namun gambaran besar tentang konsep upacara Asian Para Games 2018 sudah bisa diketahui, yakni menceritakan tentang budaya Indonesia sebagai salah satu negara maritim di dunia.

Ketika masuk ke tribun penonton, para awak media termasuk medcom.id sudah disuguhi dengan panggung megah berlatar belakang ombak raksasa. Latar belakang itu akan menampilkan berbagai cuplikan video yang salah satunya keindahan laut Indonesia.

Selain itu, koreografinya yang merupakan tarian khas dari beberapa daerah Tanah Air juga akan dimeriahkan dengan ornamen-ornamen menarik. Misalnya, replika kapal pinisi, komodo raksasa, hingga tiruan matahari.

"Semua itu adalah gabungan kebanggaan dari bangsa kita. Bangsa kita kaya akan budaya. Berbagai warisan kekayaan alam akan ditampilkan di sini dan digabung menjadi Indonesia," papar Okto yang hanya memberikan sedikit bocoran tentang seremoni pembukaan Asian Para Games 2018.
 

Baca juga: Timnas U-16 Lolos ke Perempat Final dengan Status Juara Grup


Soal teknis persiapan acara juga tidak mau dipaparkan secara gamblang oleh Okto. Pasalnya, INAPGOC baru akan menggelar jumpa persnya pada pekan depan. Kendati demikian, dia tetap bicara tentang jumlah orang yang terlibat dan waktu persiapan yang diberikan.

"Kami hanya diberi waktu sekitar sebulan untuk membuat seremoni pembukaan Asian Para Games ini. Acaranya melibatkan sekitar 1.500 yang terdiri dari gabungan putra-putri Indonesia serta penyandang disabilitas," tutup Okto.

Upacara pembukaan Asian Para Games 2018 dijadwalkan berlangsung pada Sabtu 6 Oktober pukul 19.00 WIB. Beberapa artis ibu kota yang bakal tampil adalah Putri Ariani, Armand Maulana, Once, Vidi Aldiano, Maudy Ayunda dan Regina Poetiray.

Tak ingin ketinggalan update berita bola dan olahraga? Follow instagram kami @medcom_olahraga

Video: ?Imbang dengan India, Timnas U-16 Lolos ke Perempat Final




(ACF)