Asian Para Games 2018

Arena Asian Para Games 2018 Belum Bersahabat untuk Kaum Disabilitas

Patrick Pinaria    •    29 September 2018 07:03 WIB
asian para games
Arena Asian Para Games 2018 Belum Bersahabat untuk Kaum Disabilitas
Inisator Jakarta Barrier Free Tourism, Cucu Saidah saat mengunjungi arena Asian Para Games 2018 di GBK (Foto: medcom.id/Patrick Pinaria)

Jakarta: Arena Asian Para Games 2018 dinilai sudah baik dan siap dipakai untuk menggelar pertandingan. Namun, masih ada kekurangan yang harus diperbaiki, yakni beberapa fasilitas dan akses setiap arena.

Hal itu disampaikan Inisator Jakarta Barrier Free Tourism, Cucu Saidah. Ia menilai fasilitas dan akses arena Asian Para Games belum ramah untuk para penyandang disabilitas.

"Venuenya mungkin siap untuk pertandingan. Tinggal akses dan fasilitas pendukunganya seperti memastikan panggung untuk penonton yang menggunakan kursi roda," ujar Cucu di Istora, Jakarta, Jumat (28/9/2018).

Baca: Tersingkir, Anthony Ginting Gagal Ciptakan All Indonesian Final

"Kami sering mendapatkan panggung yang asal jadi. Padahal, maksimal kemiringannya itu mencapai 8 derajat. Selain itu, toilet juga harus ada untuk disabilitas dan juga ruang ganti," tambahnya.

Pada kesempatan itu, Cucu juga mengaku kekurangan lain di venue Asian Para Games saat ini adalah pusat informasi.

Baca: INAPGOC Janjikan Kemeriahan di Kirab Obor Jakarta

"Yang namanya pusat informasi itu sebaiknya berada di lokasi strategis yang bisa dilihat orang ketika masuk dan keluar. Nantinya, itu juga harus mudah dipahami tak hanya dalam bentuk tulisan, melainkan dari warna dan gambar," tutur Cucu Saidah.

Cucu Saidah menjadi salah satu kaum penyandang disabilitas yang diundang untuk mengunjungi venue bersama Menteri Sosial RI Agus Gumiwang Kartasasmita dan Ketua Umum INAPGOC Raja Sapta Oktohari pada Jumat 28 Oktober. Istana olahraga (Istora) dan arena panahan di GBK menjadi venue-venue dikunjungi mereka.


Video: Atlet Panahan Asian Para Games Optimistis Raih Emas

 


(PAT)