PON 2016 Jawa Barat

Malaysia Kirim Spy Pantau PON 2016

Kautsar Halim    •    23 September 2016 19:49 WIB
pon 2016
Malaysia Kirim <i>Spy</i> Pantau PON 2016
Rifda Irfanaluthfi, atlet senam berbakat Indonesia (Foto: MTVN/Wahyu Putro A)

Metrotvnews.com, Bandung: SEA Games 2017 Kuala Lumpur masih sekitar setahun lagi, atau tepatnya akan digelar pada 19 Agustus 2017. Namun, siapa sangka tuan rumah Malaysia melakukan persiapan dengan mengirimkan spy atau mata-mata untuk memantau atlet Indonesia. Kabar ini terkuak lewat pengakuan pelatih senam artistik putra DKI Jakarta Jonathan Sianturi.

Jonathan yang juga legenda senam Indonesia itu mengaku melihat wakil Malaysia ketika mengawal timnya di ajang Pekan Olahraga Nasional 2016 Jawa Barat. Sosok mengejutkan Jonathan itu adalah mantan atlet senam Malaysia, yang dulu menjadi lawannya. Orang Malayisa tersebut duduk di tribun penonton dan ditemani seseorang seperti juru foto.

"Dia selalu datang, mau hari pertama atau kedua. Pas hari pertama dia sempat memanggil dan bertanya, "Do you still know me?" Iya, saya menegur balik karena memang masih ingat wajahnya. Muka dia sudah agak tembem, tapi saya tahu kalau itu adalah bukan orang sembarangan dan bekas lawan saya di SEA Games 1997 dan 2001," kata Jonathan di Gelanggang Olah Raga Arcamanik, Bandung, (Kamis 22/9/2016).

(Baca juga: Rifda Irfanalutfi: Gara-gara Enggak Doyan Makan Malah jadi Pesenam Hebat)

"Lucunya lagi, dia bilangnya datang ke Indonesia untuk liburan. Kemudian. dia juga sempat mengajak saya untuk berfoto bersama. Saya sih tidak keberatan dan tetap meladeninya dengan tenang," tambahnya.

Bukannya waspada atau risih dengan kehadiran 'mata-mata' tersebut, Jonathan mengaku bangga. Artinya, kata dia, senam Indonesia sudah berkembang pesat dan semakin ditakuti lawan.

"Coba bayangkan, ternyata orang Malaysia sudah datang ke sini. Mau apa lagi coba? Dia datang jauh-jauh ke sini selain untuk mematai-matai?" tutup pemilik lima medali SEA Games tersebut.  

Ajang PON memang untuk melahirkan bibit-bibit olahraga muncul ke permukaan. Biasanya, para jawara PON ditawarkan masuk ke Pelatnas agar bisa lebih siap menatap berbagai event internasional.

Khusus cabor senam artistik, Indonesia memiliki satu atlet putri berbakat dan diprediksi turun dalam ajang SEA Games 2017, yakni Rifda Irfanaluthfi. Kebetulan ia baru saja merebut tiga medali emas PON 2016 melalui nomor all around (serba bisa), meja lompat, dan senam lantai.
 
Video: Atlet Muay Thai PON 2016 Telantar di Stasiun Manggarai


(RIZ)

Pemain Unggulan Dominasi Semifinal Bulu Tangkis Tunggal Putra
PON 2016 Cabang Bulu Tangkis

Pemain Unggulan Dominasi Semifinal Bulu Tangkis Tunggal Putra

10 minutes Ago

Semifinal bulu tangkis perorangan nomor tunggal putra Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX/2016 Ja…

BERITA LAINNYA