Jelang Peparnas XV

Dianggap Kurang Seksi, PB PON Langsung Tingkatkan Kualitas Peparnas XV

A. Firdaus    •    12 Oktober 2016 05:23 WIB
olahraga
Dianggap Kurang Seksi, PB PON Langsung Tingkatkan Kualitas Peparnas XV
Kontingen Pekan Paralimpiade Nasional atau Pekan Paralimpik Indonesia (Peparnas) XV. (ANTARA FOTO/Agus Bebeng)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pengurus Besar Pekan Olahraga Nasional (PB PON) Jawa Barat, optimistis penyelenggaraan Peparnas XV berlangsung meriah. Itu bisa saja terjadi karena paket penyelenggaraan Peparnas tidak terlalu berbeda dengan PON XIX.

Peparnas yang terselenggara pada 15 Oktober hingga 24 Oktober di Kota Bandung akan diikuti oleh 29 provinsi. Event ini akan mempertandingkan 13 cabang olahraga dan mempertemukan 2.355 atlet.

Munculnya sikap dari PB PON ini tak lain demi menjawab keraguan publik yang menyebutkan Peparnas jauh dari minat daerah, antusiasme penonton, dan pemberitaan. Mengatasi kendala itu, PB PON langsung melakukan sosialisasi melalui media televisi, pemberitaan media nasional, dan lokal.

"Semua ini dilakukan mengingat Peparnas dianggap kurang seksi baik dari peminat maupun dari publikasi medianya. Kami sudah melakukan sosialisasi ke sekolah-sekolah untuk bisa memobilisasi massa dari sekolah dan mahasiswa sebagai penonton di arena agar tidak kalah menarik daripada PON," ujar Sekretaris Umum PB PON, Ahmad Haddadi.

Klik: Sebenarnya Bonus yang Didapatkan Owi/Butet Lebih dari Rp5 Miliar

Minimnya antusiasme dalam menyambut Peparnas bukan hanya dari penonton dan pemberitaan media, namun juga daerah untuk mengikuti Peparnas. Tercatat baru 18 provinsi yang menjalani proses keabsahan atlet dari total 29 provinsi yang mengkonfirmasi keikutsertaannya. Karena itu, menurut Hadadi, pihaknya meminta NPCI (National Paralympic Committee of Indonesia) lebih aktif lagi dalam mempromosikan Peparnas.

"Khusus untuk Peparnas, semua biaya akomodasi dan transportasi akan kami tanggung. Bahkan, kami juga akan menyediakan fasilitas luar biasa. Jika penjemputan kontingen PON hanya di Bandung, khusus untuk Peparnas, kami jemput langsung dari Bandara Soekarno-Hatta, Banten," janji Haddadi.

Pembukaan Peparnas akan dilangsungkan di Stadion Siliwangi, Kota Bandung, Sabtu 15 Oktober 2016 sore. Event itu akan akan dibuka oleh Menko PMK Puan Maharani, dan ditutup oleh Menpora Imam Nahrawi pada 24 Oktober.

"Pembukaan ini akan menampilkan sesuatu yang unik dan menarik dan pembukaan akan diselenggarakan di sore hari. Akan ada pesta kembang api pada sore hari dan dimeriahkan oleh artis serta seniman dari kota Bandung," tutup Haddadi.

Terdapat 1.943 keping medali yang akan diperebutkan dalam ajang Peparnas XV. Rinciannya, 599 emas, 599 perak, dan 745 medali perunggu.

 


(KAU)