Atlet Sambo Indonesia Rebut Emas di Korea Selatan

A. Firdaus    •    04 September 2016 15:11 WIB
bela diri
Atlet Sambo Indonesia Rebut Emas di Korea Selatan
Ilustrasi Sambo (Foto:AFP)

Metrotvnews.com, Cheongju: Atlet Indonesia mampu merebut medali emas pada cabang olahraga bela diri Sambo. Prestasi itu dihasilkan oleh atlet Sambo Indonesia, Vincent Majid saat bertarung di kelas +100 kg kejuaraan dunia, World Martial Art Masterships (WMAM) 2016 di Cheongju, Korea Selatan.

Hasil ini juga mengakhiri dahaga prestasi lantaran Sambo Indonesia sudah lama tidak mengharumkan Indonesia di mata dunia. Hebatnya lagi, kontingen yang diturunkan Persatuan Sambo Indonesia sangat minim di kejuaraan dunia ini.

"Ini hasil yang luar biasa bagi Sambo yang sudah lama mati suri di Tanah Air. Prestasi ini patut disyukuri, apalagi kami datang dengan kontingen mini," ujar Krisna Bayu, Ketua Harian PP Persatuan Sambo Indonesia.

Vincent merebut emas setelah pada pertandingan final mampu mengalahkan andalan tuan rumah, Kim Suh-Wan dengan skor 3-0 dalam durasi lima menit. Sementara medali perunggu diraih atlet Sri Lanka, Ambegoda Liyana dan atlet Thailand, Chantawan Prothein.

Selain Vincent, Marx Xaverius juga mampu unjuk gigi. Ia mampu merebut perunggu kelas sports sambo -62 kg.  Meski demikian, ada pula atlet yang telah gagal menyumbangkan medali diantaranya Mulyo Legowo kelas combat -74kg dan Desi Rahayu di kelas sports -60 kg.

Indonesia masih menyisakan wakil yang belum bertanding di kejuaraan dunia ini dan berpeluang menyumbangkan medali. Di antaranya  Roso Nugroho yang turun di kelas -62kg, Edwin Tyo di kelas -74kg, Rean di kelas -82kg dan Agus Purwanto di kelas -100kg. (Ant)


(FIR)