PON 2016 Jabar Cabor Renang

Ricky Anggawijaya Tambah Pundi Emas untuk Tuan Rumah

Kautsar Halim    •    19 September 2016 05:26 WIB
pon 2016
Ricky Anggawijaya Tambah Pundi Emas untuk Tuan Rumah
Ricky Anggawijaya (Foto: Prasetyo Utomo/Antara)

Metrotvnews.com, Bandung: Ricky Anggawijaya berhasil menambah kepingan medali emas untuk kontingen tuan rumah di ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX 2016 Jawa Barat. Prestasi itu ia raih setelah memenangkan cabang olahraga renang nomor 400 meter gaya ganti perorangan putra di Kolam Renang FPOK UPI, Minggu 18 September.

Ricky berhasil menjadi yang tercepat dengan catatan waktu 4 menit 30.67 detik. Torehan ini terbilang luar biasa karena selain menaklukkan tujuh lawan lainnya, Ricky juga sukses mematahkan pencapaian pribadinya serta memecahkan rekor milik perenang legendaris, Muhammad Akbar Nasution.

Pencapaian terbaik Ricky sebelumnya untuk nomor yang sama hanya berselisih tipis, yakni 4 menit 49.72 detik. Kemudian, Ricky juga mampu memecahkan rekor milik Akbar yang hanya mencatatkan waktu 4 menit 31.26 detik pada PON 2012 Riau.

Sayangnya, tren positif ini gagal berlanjut ketika Ricky kembali tampil di nomor 100 meter gaya punggung putra. Saat itu, ia hanya meraih medali perak karena kalah tipis dengan wakil DKI Jakarta, Gede Siman Sudartawa.

Terlepas dari pencapaian Ricky, medali perak nomor 400 meter gaya ganti perorangan putra berhasil diraih oleh Fadlan Prawira yang juga berasal dari Jawa Barat. Sementara itu, Muh Hamgari yang mewakili Jawa Timur hanya mendapat medali Perunggu.

Sampai dengan berita ini diturunkan, Jawa Barat masih memimpin klasemen sementara perolehan medali dengan koleksi 46 emas, 24 perak, dan 31 perunggu. Kontingen tuan rumah tampak sulit dikejar karena DKI Jakarta yang berada di urutan kedua baru mengumpulkan 24 emas, 26 perak dan 78 perunggu.

Video pengalungan medali perenang DKI Jakarta, Gede Siman Sudartawa:




(FIR)

Jakarta Raih Sembilan Medali Emas Lewat Atletik
PON 2016 Jabar Cabor Atletik

Jakarta Raih Sembilan Medali Emas Lewat Atletik

28 minutes Ago

Sebelumnya, Jakarta memang sudah menyabet tujuh medali pada hari pertama, Kamis 23 September la…

BERITA LAINNYA