PON 2016 Jawa Barat

Aher: PON Jawa Barat Lahirkan Legenda Baru Olahraga

   •    29 September 2016 22:05 WIB
pon 2016
Aher: PON Jawa Barat Lahirkan Legenda Baru Olahraga
Ahmad Heryawan (tengah) saat penutupan PON 2016 (Foto: Antara/Wahyu Putro)

Metrotvnews.com, Bandung: Ketua Umum Pengurus Besar Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX/2016 yang juga Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan menyatakan pelaksanaan PON di Jawa Barat telah melahirkan legenda-legenda baru olahraga seperti Triady Fauzi Sidik, atlet renang yang berhasil meraih delapan medali emas.

"Selain itu, pelaksanaan PON XIX yang dilaksanakan 17 hingga 29 September juga ada atlet yang telah tiga kali berturut-turut mengikuti PON meraih medali emas," katanya dalam sambutannya pada upacara penutupan PON XIX di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Bandung, Kamis malam.

Pria yang akrab disapa Aher ini mengatakan ada sejumlah hal yang membanggakan pada PON XIX/2016 Jabar ini yakni lahirnya atlet remaja yang menampilkan prestasi gemilang dari berbagai cabang olahraga yang dipertandingkan.

(Baca juga: Wapres Jusuf Kalla Pimpin Mengheningkan Cipta di Penutupan PON 2016)

Ia mengatakan untuk sukses pemberdayaan ekonomi, ajang PON XIX dirasakan menjadi berkah bagi banyak pelaku ekonomi mulai dari sektor konstruksi yang bergerak dalam kegiatan penyiaran venue dan jalan akses menuju venue.

"Kemudian sektor industri peralatan olahraga, pelaku ekonomi di sektor perhotelan, restoran, kuliner dan para pelaku usaha sektor transportasi yang meningkat omzet usahanya selama penyelenggaraan PON XIX," kata dia.

Sementara itu, kata Aher, indikator sukses prestasi pelaksaan PON XIX Jabar tergambar antara lain dari jumlah rekor yang terpecahkan, yakni mencapai 89 rekor PON, 33 rekor nasional, satu rekor SEA Games, 26 rekor Asia dan lima rekor dunia.

"Kami juga berharap, semoga PON XIX 2016 Jawa Barat ini bisa diikuti dengan raihan sukses administrasi yakni bisa dipertanggung jawabkan tanpa ada masalah apapun. Sebagaimana tertuang dalam catur sukses PON," ujar dia.

Meski diakuinya masih terdapat kekurangan selama pelaksanaan PON XIX yang diselenggarakan oleh Jabar. Namun, kata Aher, hal itu dapat dipastikan bahwa keberhasilan penyelenggaran PON XIX secara lancar, aman dan terkendali walaupun diwarnai atmosfir persaingan para peserta untuk meraih predikat juara.

"Setelah dua pekan berkompetisi guna meraih prestasi tertinggi. Malam ini dengan bangga kami suguhkan gelaran penutupan PON XIX Tahun 2016 dan kami ucapkan selamat berpisah semoga kesan yang baik dan kenangan indah yang akan tersisa dari perhelatan PON XIX ini," kata Aher.(ant)
 
Video: Kericuhan di PON Jabar Hanya Riak Kecil


(RIZ)