Lifter Putri Sandra Diana Masih Mengemis di Jalanan

Bonar Harahap    •    12 Mei 2017 13:35 WIB
olahraga
Lifter Putri Sandra Diana Masih Mengemis di Jalanan
Sandra Diana Sari. (Foto: Mtvn/ Bonar Harahap)

Metrotvnews.com, Padang: Juara angkat berat 53 kilogram se-Asia, Sandra Diana Sari, masih mengumpulkan koin di jalanan. Ini merupakan aksi Sandra yang kedua kalinya.

Sandra bersama rekan-rekannya, mengumpulkan recehan dan koin di persimpangan Mesjid Raya Sumbar, jalan Khatib Sulaiman, Kota Padang, Sumatera Barat, Jumat 12 Mei. Tanpa rasa malu dan gengsi, anak ketiga dari lima bersaudara ini menyuguhkan kardus minta sumbangan untuk biaya latihan dan perbaikan gizi. 

"Saya terus minta sumbangan dari pengguna jalan, karena tidak ada biaya lagi,” ujar Sandra.

"Kami terus mengemis dan meminta recehan di jalanan, sebelum pemerintah dan KONI memperhatikan keadaan keuangan Sandra,” ujar Ketua Klub Famili Barbel Klub dan Atlet Angkat Berat Padang, Yal Azis.

Baca: Peran Penting Sharapova di Balik Kebangkitan Bouchard


Sandra terpaksa mengemis di jalanan karena tidak memiliki dana untuk latihan dan perbakan gizinya. Padahal, Sandra sempat menjadi juara Asia 53 kilogram junior se-Asia yang digelar di Kabupaten Bandung, 1-5 Mei 2017. Lifter 22 tahun itu meraih medali emas setelah berhasil mengangkat besi seberat 435 kilogram. Usai bertanding dan kembali ke Padang, dana pembinaan yang diharapkan untuk membiayai latihan rutinnya tidak cair.

Ketua KONI Sumbar, Syaiful mengatakan, tahun ini Sandra tidak mendapatkan dana binaan dari KONI. Sebab, tidak dianggarkan di APBD Sumbar. Sandra baru bisa mendapatkan dana di anggaran perubahan tahun ini.

Baca: Meski Tersingkir, Kerber Tetap Duduki Peringkat Satu Dunia


"Tahun 2016, Sandra atlit binaan KONI. Karena tidak mendapatkan medali saat di PON, otomatis Sandra tidak bisa mendapatkan dana dari KONI,” ujar Syaiful.

Syaiful juga tidak meralang aksi Sandra dan teman-temannya mengumpulkan koin di jalanan. "Pendanaan di dunia olahraga diperbolehkan pihak ketiga memberikan bantuan," kata Syaiful. 

Video: Juara Asia Angkat Berat Ini Terpaksa Kumpulkan Receh Demi Biaya Latihan




(ASM)