Etape 2 Tour de Banyuwangi-Ijen Dibuka dengan Minum Cokelat

Tri Kurniawan    •    28 September 2017 13:18 WIB
itdbi banyuwangi
Etape 2 Tour de Banyuwangi-Ijen Dibuka dengan Minum Cokelat
Balap sepeda International Tour de Banyuwangi-Ijen memasuki etape 2 (Foto: Metrotvnews.com/Tri Kurniawan)

Metrotvnews.com, Banyuwangi: Hari ini, Kamis 28 September 2017, balap sepeda International Tour de Banyuwangi-Ijen memasuki etape 2. Start etape 2 berlokasi di Dusun Kakao, wilayah Perkebunan Kendeng Lembu, Kecamatan Glenmore, dan garis finish di kantor bupati Banyuwangi.

Sebanyak 79 pembalap menempuh jarak 180,9 kilometer. Beberapa pembalap tidak mengikuti etape 2 karena beberapa hal, seperti sepeda rusak atau kelebihan waktu saat etape 1.

Seperti di lokasi start etape 1, seremoni di titik start hari ini pun diawali dengan penampilan seni dan budaya Banyuwangi. Sebelum start, pembalap mencicipi minuman cokelat hasil Perkebunan Kendeng Lembu.


(Foto: Metrotvnews.com/Tri Kurniawan)

Mengenai area lintasan etape 2, tampak lebih landai dibandingkan etape 1. Ada beberapa tikungan, turunan, dan tanjakan, namun tidak terlalu tajam. Pembalap mesti melalui perkampungan, sawah, perkebunan kayu, dan cokelat. Salah satu pemandangan menarik di lintasan etape 2 ada di Dusun Sendang Rejo, Desa Kebon Dalem, Kecamatan Bangorejo. Di sisi kanan pembalap terhampar sawah dan kebun cabai dengan latar belakang gunung. Sementara, sisi kiri membentang Kali Sepanjang.

Di etape 2 menjadi kesempatan raja sprint untuk unjuk gigi karena lintasan datar. Chairman ITdBI 2017 Guntur Priambodo memperkirakan, aksi pembalap di etape 2 ini akan lebih 'gila' dibandingkan etape 1.

"Pembalap tidak akan ada kompromi, apalagi jarak cukup jauh dan menguras tenaga," kata Guntur kepada Metrotvnews.com di Dusun Kakao, Kamis 28 September 2017.


(Foto: Metrotvnews.com/Tri Kurniawan)

Kompetisi akan monoton kalau pembalap menyimpan tenaga untuk etape 3 yang mengambil garis finish di Gunung Ijen. Pembalap mungkin hanya mengincar intermedit sprint.

"Tapi harapan saya pembalap akan tetap hajar-hajaran," ujar Guntur.

Saat di Dusun Sendang Rejo atau di kilometer 127,2, pembalap dari Pishgaman Cycling Team ada di posisi terdepan. Sedangkan, saat di Dusun Maduran, Desa Logo Jampi atau kilometer 71,2, pembalap Kinan Cycling Team Hiroshi Tsubaki memimpin. Hingga kilometer 71,2,  pembalap masih dalam dua rombongan besar. Garis finish masih jauh, klasemen pembalap di etape 2 masih sangat mungkin akan mengalami perubahan.


(ROS)