SEA Games Cabor Renang

Siman Raih Emas, CdM Indonesia Lontarkan Pujian

Krisna Octavianus    •    21 Agustus 2017 20:04 WIB
sea games 2017
Siman Raih Emas, CdM Indonesia Lontarkan Pujian
I Gede Siman Sudartawa (Foto: sc twitter)

Metrotvnews.com, Kuala Lumpur: Perenang andalan Indonesia, I Gede Siman Sudartawa membuat kejutan. Semifinalis Kejuaraan Dunia Renang 2017 ini meraih medali emas sekaligus memecahkan rekor SEA Games 50 meter Gaya Punggung. 

Tampil di National Aquatic Centre Bukit Jalil Kuala Lumpur, Malaysia, Senin (21/9/2018), Siman mencatat waktu 25, 20 detik. Catatan waktu yang diraih perenang kelahiran Bali, 8 September 1994 ini memecahkan rekor SEA Games yang dicetak perenang Singapura, Wish Zheng Wen. 

BACA: Siman Sumbang Medali Emas Cabang Renang dan Pecahkan Rekor

Perenang asal Singapura yang merupakan menjadi semifinalis Olimpiade Rio de Janeiro 2016 ini memecahkan rekor saat tampil di SEA Games Singapura 2015 dengan catatan waktu 25,27 detik. 

Medali perak direbut perenang Singapura, Zheng Wen Quah (Singapura) dengan catatan waktu 25,29 detik dan Paul Le Nguyen (Vietnam) yang mencatat waktu 25,82 detik meraih perunggu. 

"Luar biasa Siman prestasi yang ditunjukkannya. Dia bukan hanya mampu meraih emas tetapi memecahkan rekor SEA Games dan saya berharap keberhasilan Siman bisa diikuti atlet-atlet lainnya," kata Chief de Mission Kontingen Indonesia, Aziz Syamsuddin.

"Siman sukses karena tampil sangat bagus dan full power dari mulai start. Keberhasilan Siman patut diapresiasi karena lawan yang dihadapinya cukup berat seperti Paul Le Nguyen yang menjalani persiapan di Amerika Serikat," timpal Direktur Program Kepelatihan Performa Tinggi Lomba 4 Satlak Prima, Evalina DS. 

Saat underwater, kata Eva, Siman memang sempat tertinggal. Akan tetapi, Siman berhasil mengejarnya dan memimpin 25 meter hinga finish. 

Selain Siman, Aflah Fadlan menyumbangkan medali perunggu nomor 400 meter. Gaya Bebas dengan mencatat waktu 3 menit 54,15 detik.  Medali emas nomor ini direbut perenang tuan rumah Malaysia, Welson Wee Sheng Sim dengan catatan waktu 3 menit 50,26 detik dan perunggu direbut Huu Kim Son Nguyen (Vietnam) dengan waktu 3 menit 54,20 detik. 

 


(KRS)