SEA Games 2017: Cabor Basket Putra

Ditaklukkan Filipina, Basket Putra Indonesia Sumbang Medali Perak

Krisna Octavianus    •    26 Agustus 2017 23:26 WIB
sea games 2017
Ditaklukkan Filipina, Basket Putra Indonesia Sumbang Medali Perak
Pebasket Indonesia Arki Dikania Wisnu (ketiga kanan) mencoba melempar bola ke ring saat melawan tim basket Filipina dalam final bola basket putra SEA Games XXIX Kuala Lumpur di Maba Stadium, Malaysia, Sabtu (26/8). (Foto: ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Metrotvnews.com, Kuala Lumpur: Tim nasional bola basket putra Indonesia harus puas kembali mendapat medali perak di ajang SEA Games 2017. Itu terjadi usai mereka dipaksa mengakui keunggulan Filipina dengan skor telak 55-94.

Ini merupakan kedua kalinya secara beruntun Indonesia meraih perak di bola basket putra SEA Games setelah sebelumnya meraihnya di SEA Games 2015 Singapura. Dua tahun lalu mereka juga kalah dari Filipina dengan skor 64-72.

BACA: Tampil Gemilang, Ahsan/Rian Jejak Partai Final

Dipantau dari laman Federasi Bola Basket Internasional (FIBA), Jakarta, Sabtu, Indonesia langsung tertekan oleh gelombang serangan Filipina sejak awal laga yang digelar di Stadion Maba, Kuala Lumpur tersebut.

Mario Wuysang dan kawan-kawan harus mengakui keunggulan Filipina pada kuarter pertama yang berakhir dengan skor 15-19. Setelah itu, Indonesia tidak bisa bangkit untuk mengejar ketinggalan dan harus tertinggal pada sisa laga.

Pada akhir kuarter kedua sampai keempat, Filipina selalu mengungguli anak asuh Wahyu Widayat Jati masing-masing dengan skor 45-27, 67-38 dan di akhir laga mereka menang dengan skor mencolok 94-55.

Kemenangan Filipian tak terlepas dari penampilan apik Shooting Guard, Kobe Lorenzo Forster Paras. Pemain berusia 19 tahun itu berulang kali melakukan aksi ciamik, salah satunya dunk pada pertengahan kuarter keempat.

Dengan hasil ini, maka Filipina sudah meraih medali emas ke-18 kalinya di cabang olahraga bola basket putra SEA Games sejak penyelenggaraan perdana pada 1977. Mereka cuma gagal sekali yaitu di SEA Games 1979 di Indonesia karena kalah dari Malaysia di final.

BACA: Singkirkan Wakil Hong Kong, Tontowi/Liliyana Mulus ke Final

Sementara untuk timnas bola basket putra Indonesia, medali perak ini adalah yang keempat sepanjang sejarah SEA Games setelah sebelumnya merebut medali yang sama pada SEA Games 2001, 2007 dan 2015.

Sedangkan, medali perunggu diraih oleh Thailand yang pada laga perebutan posisi ketiga menaklukkan Singapura dengan skor 65-55. (Antara)

 


(KRS)