Asian Para Games 2018

Menko PMK: Bukti Indonesia Bermartabat dan Berprestasi

Rosa Anggreati    •    14 Oktober 2018 12:48 WIB
berita kemenko pmk
Menko PMK: Bukti Indonesia Bermartabat dan Berprestasi
Menko PMK Puan Maharani (Foto:Dok.Kemenko PMK)

Jakarta: Menko PMK Puan Maharani memuji kinerja para atlet pada Asian Para Games 2018. Ajang ini disebut sebagai pembuktian Indonesia bangsa bermartabat dan berprestasi.

"Momentum ini semakin meneguhkan kepada kita semua bahwa Indonesia sebagai bangsa besar yang majemuk dengan jiwa  gotong royongnya akan selalu mampu menunjukkan kepada dunia bahwa Indonesia adalah bangsa yang bermartabat, maju, dan berprestasi," kata Menko PMK dalam siaran persnya, di Jakarta, Minggu, 14 Oktober 2018.

Asian Para Games, menurut Puan, lebih dari sekadar ajang adu prestasi olahraga. "Ini adalah ajang insan olahraga disabilitas terbesar Asia yang mempersatukan etnis, budaya, dan bahasa dalam semangat memuliakan kemanusiaan, solidaritas sosial, dan meraih prestasi yang melampui batas," ujarnya.

Asian Para Games 2018 juga menjadi wujud komitmen pemerintah dalam melaksanakan pembangunan sosial dan  memberikan kesempatan yang sama bagi semua pihak untuk meraih kemajuan.

"Indonesia patut berbangga, keberhasilan sebagai tuan rumah dalam pelaksanaan Asian Games 2018 menjadi inspirasi semua pihak, sehingga pelaksanaan Asian Para Games 2018 juga dapat berlangsung dengan baik dan sukses," ucap Puan.

Sukses penyelenggaraan Asian Para Games 2018 Indonesia disertai sukses prestasi para atlet Indonesia, yaitu berada di posisi lima dengan perolehan medali 37 emas, 47 perak, dan 51 perunggu. Sebuah capaian yang telah melampaui target yang telah ditetapkan.

Sukses prestasi para atlet Indonesia ini, kata Puan, sangat membanggakan seluruh rakyat Indonesia dan mengharumkan nama Indonesia di pentas dunia.

"Atas nama Pemerintah dan pribadi, saya mengucapkan terima kasih bagi atlet yang telah bertanding untuk prestasi terbaiknya dalam Asian Para Games 2018. Mereka adalah para manusia hebat yang semangat dan daya juangnya menjadi inspirasi bagi kita semua," kata Puan.

Sebagai Ketua Dewan Pengarah Panitia Nasional Asian Para Games 2018 Indonesia, Menko PMK juga menyampaikan apresiasi kepada jajaran panitia nasional INAPGOC, NPC, para atlet serta kontingen, para relawan yang telah bekerja keras dan dedikasinya yang tinggi untuk menjadikan penyelenggaraan Asian Para Games 2018 Indonesia sukses dan membanggakan.

"Apresiasi pun kami sampaikan kepada media, pendukung, rakyat Indonesia, dan semua pihak yang telah ikut menyukseskan penyelenggaraan Asian Para Games 2018. Terima kasih atas dukungan semangat dan doanya sehingga acara ini berlangsung semarak, lancar, sukses, dan membanggakan," kata Puan.


(ROS)