Ultimate Fighting Championship (UFC)

Resmi, Connor McGregor Kembali Pensiun

Kautsar Halim    •    26 Maret 2019 18:46 WIB
Connor McGregor
Resmi, Connor McGregor Kembali Pensiun
Connor McGregor. (AFP PHOTO / John GURZINSKI)

Connor McGregor pernah mengumumkan pensiun dari dunia UFC pada Maret 2016 silam. Tapi beberapa bulan kemudian, dia malah kembali naik ring dan sukses balas dendam.

Dublin:
Connor McGregor memutuskan pensiun dari profesinya sebagai atlet Seni Bela Diri Campuran (MMA). Informasi itu dia sampaikan sendiri lewat akun Twitter pada Selasa 26 Maret WIB.

"Hai semuanya, ada pengumuman singkat. Saya memutuskan  pensiun dari olahraga yang formalnya disebut Seni Bela Diri Campuran (MMA) pada hari ini," cuit McGregor dalam akun Twitter resminya.

Pengumuman pensiun itu dia sampaikan berselang lima bulan setelah pertarungan kontra atlet Rusia Khabib Nurmagomedov. Saat itu, McGregor kalah secara kontroversial karena keduanya terlibat perkelahian di luar pertandingan.
 

Klik: Pengorbanan Roger Federer sebagai Petenis Dunia


Komisi Atletik Negara Bagian Nevada terpaksa menjatuhkan hukuman atas adanya perkelahian tersebut. Baik McGregor maupun Nurmagomedov diskors selama enam bulan dan wajib membayar denda.

McGregor yang kini berusia 30 tahun memiliki rekor 21 kemenangan dan 4 kekalahan di kancah Ultimate Fighting Championship (UFC). Meski pensiun, dia tetap berharap atlet MMA lainnya tetap berkompetisi.

"Saya harap semua kolega tetap berjuang dalam kompetisi. Saya sudah pensiun dan ingin bergabung dengan mantan partner dalam bisnis ini," tulis cuitan tambahan McGregor.
 

Klik: Lewis Hamilton Yakin Ferrari Masih Bersaing


Informasi pensiun bukan pertamakali diumumkan McGregor. Hal serupa pernah dia lakukan lewat Twitter setelah kalah dari Nate Diaz pada Maret 2016 silam. Tapi beberapa bulan kemudian, dia malah kembali naik ring dan sukses balas dendam kepada Diaz.

Biar bagaimanapun, keputusan kedua McGregor untuk pensiun tetap diapresiasi Presiden UFC, Dana White. Dia mengatakan, McGregor memang tidak sepantasnya bertarung lagi karena sudah bergelimangan prestasi dan punya bisnis yang menjanjikan. 

"McGregor punya dana pensiun dan whiskey-nya bisa diandalkan. Jadi, sangat masuk akal jika dia memutuskan pensiun. Saya pun bakal melakukan hal yang sama jika menjadi dia," ujar White.

"Pencapaiannya sudah sangat luar biasa di olahraga ini. Saya turut senang atas keputusannya dan berharap melihat dia sukses di luar Octagon seperti yang diinginkan," tambahnya.

Selain menjadi petarung, McGregor diketahui memiliki produk minuman keras (whiskey) dan pakaian yang lumayan laris. Omset dari bisnis tersebut makin menggiurkan jika ditambah  pendapatan saat memenangkan pertarungan UFC. (Reuters)


(KAU)