Tour de Borobudur 2017

Gubernur Jateng Ikut Gowes, Tour de Borobudur Bakal Lebih Menantang

Mustholih    •    06 Oktober 2017 17:37 WIB
balap sepeda
Gubernur Jateng Ikut Gowes, Tour de Borobudur Bakal Lebih Menantang
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pramono (Foto: Mustholih/MTVN)

Metrotvnews.com, Semarang: Komunitas gowes mania, Semarang Bicycle Association (SAMBA) kembali menggelar ajang tahunan bersepeda jarak jauh Tour de Borobudur. Pada event tur sepeda yang ke-17 tersebut, penyelenggara menjanjikan 'pesta tanjakan' dan 'pesta turunan' bagi para pencinta gowes yang senang memburu tantangan.

"Kami ingin Tour De Borobudur selalu berbeda dari tahun ke tahun, khususnya soal jalur dan rute," kata Ketua Panitia Tour de Borobudur, Santo, Semarang, Jawa Tengah, Jumat, 6 Oktober 2017.

Untuk kategori 200 kilometer, para peserta Tour de Borobudur akan diberi rute bersepeda dari Kantor Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, Semarang - Gunungpati, Semarang- Limbangan, Kendal - Sumowono, Kabupaten Semarang - Temanggung - Magelang. Adapun untuk kategori 100 kilometer, peserta diharuskan megambil rute dari Mako Brimob, Semarang - Ambarawa - Banyubiru- Magelang.

Klik di sini: Verstappen Kian Percaya Diri Usai Juara di Malaysia

Santo menegaskan Candi Borobudur menjadi titik akhir para peserta menyelesaikan petualangan mereka menjelajah wilayah Jawa Tengah. Rencananya, Tour de Borobudur akan digelar pada 11 - 12 November 2017.

"Untuk tahun ini, tema kami adalah eksplorasi keindahan alam Jawa Tengah yang jarang kita temui. Peserta boleh membuktikannya. Kegiatan ini didukung penuh oleh Bank Tabungan Negara", terang Santo.

Menurut Santo, rute yang dijelajahi para peserta yang mengikuti Tour de Borobudur penuh dengan pemandahan alam eksotis Jawa Tengah. Misalnya, pemandangan Waduk Jatibarang dan Goa Kreo di Gunung Pati yang masih dihuni banyak kera atau Limbangan, Kendal, yang masih ditemui burung Elang Jawa.

Klik di sini: Tekad Sean Kembali Cetak Poin di Jerez

"Saat ini untuk kategori 200 KM sudah 150 peserta yang mendaftar. Di mana 20 peserta di antaranya berasal dari Jepang, Singapura, Australia, hingga Jerman. Sedangkan untuk kategori 100 KM sudah terdaftar 1030 peserta," terang Santo menambahkan.

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar P?ranowo, menyatakan bakal ikut meriahkan Tour de Borobudur dengan mengambil kategori 200 km. Tahun lalu, Ganjar juga ikut jelajah Tour de Borobudur bersama ribuan peserta.

"Ini merupakan salah satu ajang bersepeda yang memiliki banyak manfaat. Tentu mengenalkan alam Jawa Tengah. Apalagi nanti juga akan ada peserta dari luar, " ujar Ganjar.

'Duo Minions' Juara Satu Dunia (1)
 


(FIR)