SEA Games 2017

Peluang Atlet Anggar Indonesia di SEA Games 2017

A. Firdaus    •    28 November 2016 09:22 WIB
sea games
Peluang Atlet Anggar Indonesia di SEA Games 2017
Logo SEA Games 2017 (Ist)

Metrotvnews.com, Jakarta: Dalam beberapa event sebelumnya, anggar bukanlah salah satu cabang olah raga favorit Indonesia untuk meraih medali di ajang SEA Games. Namun lambat laun, kini anggar punya peran penting dalam menyumbangkan medali bagi Indonesia.

Jika melihat SEA Games sebelumnya yang berlangsung di Singapura, anggar menyumbangkan satu perak dan lima perunggu. “Peluangnya sangat besar kok, pada SEA Games sebelumnya di Singapura kita mendapatkan 1 perak dan 5 perunggu,” ujar Ketua Umum Pengurus Besar (PB) IKASI, Agus Suparmanto.

Klik juga: Ungkapan Hati Rosberg Usai Jadi Juara Dunia F1 2016

Rencana ke depan, IKASI ingin menaikkan target anggar Indonesia pada ajang SEA Games 2017 di Kuala Lumpur mendatang menjadi dua medali emas. Salah satu bentuk untuk mewujudkannya adalah dengan menggelar Kejuaraan Nasional Anggar Kadet Pemula dan Kadet Tahun 2016, di Jakarta yang berlangsung akhir pekan lalu. Menariknya, animo para atlet di daerah cukup besar. Fakta itu diamini oleh Ketua Bimbingan dan Pembinaan Prestasi IKASI, Muslimin, yang mengungkapkan bahwa peserta yang  berjumlah 296 ini merupakan antusiasme para atlet anggar di setiap daerah.

Klik Juga: Hamilton dan Vettel: Selamat Rosberg!

“Biasanya pada tahun-tahun sebelumnya peserta sekitar 200 orang, artinya minat para pelajar di daerah terus meningkat,” ujar Muslimin yang juga merupakan Ketua Panitia dan Penanggung Jawab Kejuaraan Nasional ini.

Lebih lanjut Muslimin menjelaskan sebelum dapat mengikuti kejuaraan nasional ini, para atlet sebelumnya harus mengikuti Kejuaraan Daerah (Kejurda) ataupun Selekda. Hasil dari kejuaraan ini juga akan menjadi bahan evaluasi dalam persiapan remaja, misalnya untuk Pekan Olahraga Nasional (PON) Remaja di Jawa Tengah.

Video Rosberg Jadi Pembalap Asal Jerman Ketiga yang Raih Juara Dunia
 


(FIR)