Sukmalindo 2016

Kemenristekdikti Belum Putuskan Kota Tuan Rumah Sukmalindo 2017

Krisna Octavianus    •    26 September 2016 15:19 WIB
olahraga
Kemenristekdikti Belum Putuskan Kota Tuan Rumah Sukmalindo 2017
Prof Intan Ahmad (kanan) saat menerima cinderamata mata dari perwakilan Malaysia (Foto: MTVN/Krisna Octavianus Dwiputra)

Metrotvnews.com, Kuala Terengganu: Sukan Malaysia-Indonesia (Sukmalindo) 2016 sudah berakhir pada Minggu 25 September. Untuk rencana Sukmalindo tahun depan, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) Indonesia masih belum menentukan.

Setelah Malaysia menjadi tuan rumah pada 22-25 September, tepatnya di Kota Kuala Terengganu, Indonesia akan mendapat kesempatan menjadi tuan rumah tahun depan. Malaysia dan Indonesia setiap tahun bergantian menjadi tuan rumah Sukmalindo. 

Meski sudah dipastikan menjadi tuan rumah, Kemenristekdikti melalui Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Prof Intan Ahmad belum menentukan daerah mana yang akan menggelar pertandingan. Dikti, dikatakannya, masih memilih antara menggelar di Univeristas Pulau Jawa atau Sumatera.

(BACA: Pentingnya Pendidikan Tinggi bagi Atlet Indonesia)

"Mau digelar di mana, semuanya masih kita pilih. Pilihan antara universitas di Jawa atau di Sumatera. Kemarin kawan-kawan Malaysia meminta agar Sukmalindo 2017 atau yang kesepuluh digelar di Bali," ujar Prof Intan Ahmad kepada Metrotvnews.com, Minggu (25/9/2016).

Sementara itu, untuk cabang olahraga yang akan dipertandingkan, pria yang adalah atlet karate semasa masih mahasiswa tersebut juga belum bisa memastikannya, termasuk soal penambahan. Ia mengaku akan menggodok bersama perwakilan Dikti dan Malaysia. Akan tetapi, ia memastikan, tahun depan Indonesia akan mengirimkan atelt terbaik.

"Kalau mengenai cabor, kita perlu duduk bersama, cabang apa yang layak dipertandingan. Soalnya ini kan pertandingan persahabatan, tapi tetap ingin menampilkan atlet terbaik," lanjutnya.

"Jadi intinya, kami mengapresiasi kerja sama kedua negara. Ada kemungkinan penambahan cabor, tapi kita pilih cabor yang membuat kita tetap bisa kompetitif," tutur Prof Intan Ahmad.

Beberapa mahasiswa dari berbagai daerah di Indonesia mengikuti ajang Sukmalindo 2016 di Kuala Terengganu, Malaysia. Sebagai informasi, Sukmalindo adalah ajang persahabatan olahraga mahasiswa Malaysia dan Indonesia. Pertama kali Sukmalindo dihelat pada 2008 dan ini menjadi perhelatan kesembilan.

(BACA: Indonesia Ungguli Malaysia dalam Perolehan Gelar Sukmalindo 2016)

Sukmalindo 2016 mempertandingan lima cabor, yakni voli putri, futsal putra, sepak takraw beregu putra-putri, bulu tangkis beregu putra-putri, dan panahan beregu putra-putri.

 


(ASM)