Sukmalindo

Indonesia Ungguli Malaysia dalam Perolehan Gelar Sukmalindo 2016

Krisna Octavianus    •    25 September 2016 16:57 WIB
olahraga
Indonesia Ungguli Malaysia dalam Perolehan Gelar Sukmalindo 2016
Asep Supanda, Kasubdit Minat, Bakat, dan Organisasi Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi. Ketua Kontingen Indonesia di Sukmalindo 2016 (Foto: MTVN/Krisna)

Metrotvnews.com, Kuala Terengganu: Tim mahasiswa Indonesia berhasil meraih tiga gelar di ajang Sukan Malaysia-Indonesia (Sukmalindo) 2016 yang diadakan pada 22-24 September. Sementara, dua gelar didapat Malaysia.

Lima cabang olahraga (cabor) dipertandingkan dalam laga persahabatan antara Malaysia dan Indonesia ini. Cabor yang dipertandingkan adalah futsal putra, bulu tangkis beregu, sepak takraw beregu, panahan beregu, dan voli putri.

Dari lima cabor, mahasiswa-mahasiwa Indonesia memenangi futsal putra, voli putri, dan bulu tangkis beregu. Sedangkan, dua cabor berhasil dimenangi Malaysia.

(Baca: Sukan Malaysia-Indonesia 2016 Resmi Ditutup)

Menanggapi hal tersebut, ketua kontingen Indonesia, Asep Suanda menyebut sepak takraw terus menjadi perhatian karena selalu kalah. Tapi ia tak menyesal karena ada tiga cabor lain yang berhasil dimenangi tim Indonesia.

"Kalau bicara cabang olahraga, khususnya sepak takraw kita memang selalu kalah, tapi ini adalah proses pembelajaran," ujar pria yang menjabat sebagai Kasubdit Minat, Bakat, dan Organisasi Kemahasiswaan Dikti tersebut.

"Namun, sepak takraw memang menjadi pilihan dari Malaysia. Satu lagi, memanah juga pilihan mereka. Kalau mereka menang karena itu menjadi keahlian mereka," lanjutnya.

(Baca: Sepatu Roda, Cabor Terburuk di PON Jabar 2016)

Meski berhasil memenangi lima cabor, Asep mengkritisi sikap atlet Indonesia dalam Sukmalindo tahun ini. Ia menyebut atlet Indonesia sering terlambat dalam hal makan dan keberangkatan ke venue.

"Secara keseluruhan semuanya berjalan dengan baik. Tapi ada kekurangan dari kedisiplinan atlet kita. Pada saat jam makan dan keberangkatan, selali ada keterlambatan," katanya.

Sebagai informasi, Sukmalindo adalah ajang persahabatan olahraga mahasiswa Malaysia dan Indonesia. Pertama kali Sukmalindo dihelat pada 2008 dan ini menjadi perhelatan kesembilan.

Untuk tempat penyelenggaraan, Asep menyebut Semarang jadi kandidat utama. Akan tetapi, luar jawa juga menjadi pilihan. Padang dan Medan sedang dipertimbangkan menggelar Sukmalindo ke-10 pada 2017.

VideoJabar Juara Umum Pencak Silat

 


(PAT)