Isu rasis di balik kehamilang Serena Williams

Dikecam, Natase Bantah Tudingan Rasis pada Bayi yang Dikandung Serena Williams

Achmad Firdaus    •    27 April 2017 21:25 WIB
tenissportainment
Dikecam, Natase Bantah Tudingan Rasis pada Bayi yang Dikandung Serena Williams
Mantan petenis nomor satu dunia, Ilie Natase dituding telah berkomentar rasis soal bayi yang dikandung Serena Williams (Foto: AFP PHOTO / PATRICK KOVARIK)

Metrotvnews.com, Washington: Serena Williams mengecam tudingan berbau rasis yang dilontarkan mantan petenis nomor satu dunia, Ilie Natase. Ia berharap Federasi Tenis Dunia (ITF) bersikap atas kejadian ini.

Natase membuat komentar mengejutkan terkait kabar kehamilan Serena Williams yang telah memasuki lima bulan. Petenis yang sempat memenangi dua gelar grand slam pada 1970 ini berkomentar, Mari kita lihat apa warna bayi yang dikandung (Serena), coklat susu?"

Memang, Natase tidak melontarkan secara gamblang maksud komentarnya tersebut. Namun, sepertinya itu berkaitan dengan warna kulit Serena dan tunangannya, Alexis Ohanian, pendiri situs Reddit.

Serena sontak jengkel dengan komentar tersebut. Lewat akun instagramnya, mantan petenis nomor satu dunia itu mencurahkan kekesalannya.
 
 

?????

A post shared by Serena Williams (@serenawilliams) on

 

Baca: Serena Williams Hamil Lima Bulan


"Ini sangat mengecewakan bagi saya, mengetahui kami hidup di suatu sosialita dimana orang seperti Ilie Natase bisa berkomentar tentang rasis terhadap saya dan bayi saya yang belum lahir, dan komentar jenis kelamin terhadap para teman saya," demikian ditulis dalam Instagram petenis nomor satu dunia itu.

"Saya tidak takut seperti yang anda katakan. Anda tahu, saya bukan pengecut. Anda mungkin menyerang saya lewat kata-kata.. Anda mungkin mencoba membunuh saya dengan kebencian Anda, tapi saya akan tetap bangkit," tegasnya.

Natase tampak santai menanggapi kemarahan Serena. Dalam sebuah wawancara dengan media Rumania, pria yang saat ini berusia 70 tahun ini membantah bahwa komentarnya kala itu rasis.

"Jika saya mengatakan bahwa bayinya jelek dan hitam, itu baru namanya rasis," tegasnya pada news.ro.

Ilie Natase memang punya rekam jejak yang kurang baik terkait dengan perangainya. Baru-baru ini, ia bahkan terancam dicekal dari seluruh ajang ITF menyusul pernyataan tidak sopan terhadap petenis Inggris, Johanna Konta dan kapten tim Fed Inggris, Anne Keothavong saat menjabat sebagai kapten tim Piala Fed Rumania, pekan lalu.
 

Baca juga: Bouchard Mengkritik Comeback-nya Sharapova


Tim Piala Fed Rumania memang berhasil mengalahkan Inggris 3-2, namun sikap tidak terpuji Natase itu membuat kecewa seluruh pemain Rumania, tak terkecuali Simona Halep.

"Apa yang dilakukannya (Natase) itu salah. Saya tidak tahu apakah dia bisa jadi kapten lagi. Saya juga tidak tahu apakah ia akan tetap jadi kapten kami jika pun ia tidak dihukum," ujar Halep.

"Saya sebenarnya senang dengan sikapnya saat mendampingi saya di pertandingan pertama. Dia sangat positif dan mendukung saya. Tapi, untuk urusan kata-kata yang dilontarkannya, saya tidak menyukai itu dan saya tidak bisa menerimanya," tegas petenis yang saat ini menempati peringkat lima dunia tersebut.

Video: ?Nasib Kontrak Messi Bersama Barcelona



(ACF)