Gowes Pesona Nusantara 2017

Menpora Paparkan Arti Penting Gowes Pesona Nusantara

Kautsar Halim    •    22 Juli 2017 19:32 WIB
olahraga
Menpora Paparkan Arti Penting Gowes Pesona Nusantara
Menpora Imam Nahrawi (tengah) dalam event Pesona Gowes Nusantara Etape Tanah Laut. (Foto: Humas Kemenpora)

Metrotvnews.com, Tanah Laut: Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi, mengatakan event Gowes Pesona Nusantara (GPN) sangat penting bagi masyarakat Indonesia. Menurutnya, event bersepeda secara massal itu bisa mendorong lahirnya Hari Bersepeda Nasional dan berbagai keuntungan lainnya. 

Berbicara dihadapan ribuan masyarakat Tanah Laut, Imam menjelaskan terdapat delapan titik yang dilintasi kegiatan Gowes Pesona Nusantara pada tiap pekan. Dua dari delapan titik itu akan selalu dihadiri langsung oleh Imam agar bisa merasakan langsung semangat para warga yang berpartisipasi. 

“Partisipasi masyarakat yang tinggi dalam kegiatan keolahragaan tidak boleh berhenti pada hal-hal yang sifatnya seremonial saja. Tapi, harus menjadi hal sederhana namun strategis dalam kegiatan pembudayaan olahraga yang dilakukan secara serius di tengah-tengah masyarakat. Tanah Laut tentu bisa mendorong lahirnya Hari Bersepeda Nasional,” kata Imam dalam kata sambutan jelang GPN Etape Tanah Laut, Sabtu (22/7/2017) 

“Selain itu, tidak akan pernah ada prestasi tinggi dalam olahraga jika tidak diawali dari partisipasi masyarakat yang mencintai dan menjadikan olahraga sebagai bagian dari gaya hidup,” tambahnya.


Klik: Andrea Iannone telah Menyia-nyiakan Bakatnya


Dijelaskan lebih lanjut oleh Imam, keuntungan GPN yang lainnya adalah untuk merangsang semangat persatuan dan kesatuan bangsa. Itu sangat penting dilakukan mengingat semakin menipisnya nilai solidaritas di antara sesama.

“Tantangan kita hari ini banyak sekali. Tapi dengan bersepeda, kita semua bisa bersatu dalam segala perbedaan yang ada. Selain itu, tubuh juga bisa menjadi sehat, bugar dan bergembira dengan berolahraga,” papar Imam.


Klik: Ariana Grande & Calvin Harris Meriahkan GP Singapura


Selain dihadiri Iman, GPN Etape Tanah Laut juga diikuti oleh Bupati, wakil bupati serta sejumlah perangkat daerah setempat. Jalannya event berlangsung meriah sambil diikuti ribuan warga yang terbagi dalam tiga kategori event, yakni sepeda santai, sepeda hias dan sepeda ekstrem.

Sejak bergulir pada pertengahan Mei lalu, setidaknya sudah ada 36 Kabupaten atau Kota yang menggerakkan GPN. Jumlah itu masih belum seberapa karena GPN ditargetkan bisa berlangsung hingga 90 etape di 34 provinsi yang ada di seluruh Indonesia.  

Dalam pelaksanaannya, GPN juga melibatkan tim inti yang terdiri dari para pesepeda profesional. Mereka memiliki misi untuk bersepeda dari Kota Sabang hingga Kota Magelang, Jawa Tengah, yang merupakan etape akhir kegiatan GPN. Finis GPN itu sendiri diagendakan pada 9 September atau bertepatan dengan Hari Olahraga Nasional (HAORNAS). (RO)




(KAU)