AFF Futsal 2018

Ardiansyah Runtuboy, Perusak Pertahanan Lawan di Piala AFF Futsal 2018

Ahmad Mustaqim    •    11 November 2018 18:52 WIB
futsalPiala Aff Futsal
Ardiansyah Runtuboy, Perusak Pertahanan Lawan di Piala AFF Futsal 2018
Pemain Timnas futsal Indonesia, Ardiansyah Runtuboy (Medcom.id/Ahmad Mustaqim)

Sleman: Seorang pemain tim nasional futsal Indonesia, Ardiansyah menjadi buah bibir dalam ajang Piala AFF Futsal 2018. Pemain berjuluk 'runtuboy' ini menjadi perusak pertahanan lawan dengan olah bolanya yang kerap mengelabuhi pemain lawan. 

Runtuboy bermain cukup gemilang dari penyisihan grup hingga perebutan peringkat ketiga. Dia mencetak dua gol dengan melewati dua hingga lebih dari tiga pemain saat melawan Malaysia dan Kamboja pada babak penyisihan grup A. 

Saat Timnas Futsal Indonesia berhadapan dengan Vietnam, Runtuboy bermain sangat merepotkan pertahanan lawan. Ia memberikan salah satu umpan kunci yang kemudian berbuah gol lewat Subhan Faidasa. Pelatih Timnas Futsal Vietnam, Miguel Jose Rodrigo Conce Salazar mengakui keberadaan Runtuboy di lapangan sangat merepotkan timnya. 

"Setelah tim kami unggul 1-0, terlebih sewaktu Runtuboy sudah memasuki lapangan, mereka (Indonesia) mulai menyeimbangkan kedudukan," kata Miguel Jose sesuai timnya kalah 1-3 dari Indonesia di GOR Universitas Negeri Yogyakarta, Minggu, 11 November 2018. 

Baca juga: AFF Futsal 2018: Kalahkan Vietnam, Timnas Indonesia Finis di Peringkat Tiga

Ia mengaku menaruh rasa hormat kepada Ardiansyah. Baginya, ia pemain muda dengan kemampuan yang bagus. Namun demikian, ia memberi catatan bagi Ardiansyah. 

"Tapi sata tidak suka dia bermain mencoba memanipulasi wasit. Tricky. Dia coba memanipulasi wasit dua kali. Saya bilang kepada dia, tolong bermain saja, jangan mencoba mengelabui wasit," katanya. 

Setelah itu, Miguel melanjutkan, Ardiansyah juga menyatakan permintaan maafnya. Miguel pun menerima permintaan maaf Ardiansyah di sela pertandingan. 

"Karena kadang-kadang pemain saya mungkin juga melakukan hal itu. Saya minta itu dengan cara yang sopan. Kami dan tim lawan pada babak kedua kemudian bermainlah fairplay," ungkapnya. 

Video: Sembuh dari Kanker, Lee Chong Wei Bidik Olimpiade 2020