Olimpiade Catur Dunia

Indonesia Kirim Dua Tim untuk Olimpiade Catur Dunia

Gregorius Gelino    •    20 September 2018 13:03 WIB
catur
Indonesia Kirim Dua Tim untuk Olimpiade Catur Dunia
Pecatur Indonesia, Samantha Edithso (dok. medcom.id)

Jakarta: Indonesia akan mengirim dua tim caturnya yang terdiri dari satu grup putra dan satu grup putri ke Batumi, Georgia untuk mengikuti Olimpiade Catur Dunia ke-43. Tim Merah Putih akan bersaing dengan 139 negara lainnya dalam kejuaraan bergengsi tersebut.

Indonesia menunjuk Kristianus Liem sebagai kapten tim. Tim putra diwakili oleh Novendra Priasmoro, Sean Winshand Cuhendi, Azarya Jodi Setyaki, Pitra Andyka, dan Muhamad Agus Kurniawan. Sementara tim putri diwakili oleh Chelsie Monica Sihite, Ummi Fisabililah, Shanti Nur Abidah, dan Samantha Edithso. 

Kontingen Indonesia telah dilepas oleh ketua umum PB PERCASI, Utut Adianto, pada Rabu 19 September kemarin. Meski tidak dibebani target, Utut berharap agar tim masa depan Indonesia ini dapat membuat kejutan.

Baca juga: Marcus/Kevin tanpa Rintangan Kalahkan Ganda Thailand

Pecatur termuda dari tim Indonesia, Samantha Edithso, tidak kalah bersemangat dengan Utut. Pecatur berusia 10 tahun itu berambisi untuk membawa Indonesia masuk 30 besar peringkat dunia.

Untuk mencapai ambisinya, Samantha mengaku membaca buku-buku catur untuk memperdalam teknik dan strateginya. Selain itu ia juga bertandang ke Malaysia untuk berlatih dengan video trainer.

"Meskipun usianya masih muda, Samantha akan bergabung dengan tim Indonesia yang turun di Olimpiade Catur yang levelnya sudah senior. Dia berpotensi menjadi bintang besar dan kita gembira akan hal itu," ujar Utut.

Olimpiade Catur Dunia tersebut diselenggarakan pada 23 September hingga 6 Oktober mendatang di Batumi, Georgia.

Video: Indonesia Kirim Pecatur Muda ke Olimpiade Dunia

 


(ASM)