PON 2016 Jawa Barat

Kisah Heroik Pesenam Jatim: Lutut Geser dan Sukses Merebut Emas

Kautsar Halim    •    23 September 2016 10:21 WIB
pon 2016
Kisah Heroik Pesenam Jatim: Lutut Geser dan Sukses Merebut Emas
Agus Adi Prayoko. (Foto: Mtvn/ Kautsar Halim)

Metrotvnews.com, Bandung: Aksi heroik ditunjukkan Agus Adi Prayoko pada ajang PON 2016 Jabar cabor senam artistik nomor meja lompat, Kamis 22 September. Meski harus dibopong untuk menyelesaikan loncatan, Agus tetap berhasil menyumbang emas untuk Jawa Timur. 

Dalam laga yang berlangsung di GOR Arcamanik tersebut, Agus terpaksa dibopong pelatih karena mengalami cedera setelah melakukan lompatan pertama. Lututnya yang memang sudah nyeri sejak dua hari sebelumnya, merupakan penyebab gagalnya Agus pada lompatan pertama.

Namun, cedera bukan hambatan bagi pria berusia 27 tahun tersebut. Dengan tekad tinggi dan bantuan pelatih yang tak bosan memberikan motivasi, Agus akhirnya mampu mencatatkan 14,415 poin dan mengalahkan Ronny Saputri (DKI Jakarta) yang meraih perak serta rekan setimnya Dwi Samsul Arifin berada di peringkat ketiga.

Baca: KONI DKI Jakarta Bakal Protes PB PON


Sayang, prestasi emas tersebut harus dibayar mahal karena Agus langsung terkapar kesakitan setelah beberapa detik menyelesaikan loncatan. Saat itu, ternyata lututnya geser dan Agus pun harus dilarikan menuju rumah sakit terdekat.

"Setelah lompatan pertama memang terasa sakit sekali. Tapi,  saya pikir sudah kepalang tanggung juga, makanya sekalian sakit saja. Pelatih sempat bertanya, apakah saya masih kuat? kalau tidak langsung disetop. Tapi, waktu saya bilang lanjut saja sampai mendarat," kata Agus seusai laga.

Baca: Tundukkan DKI Jakarta, Jateng Melangkah ke Final Beregu Bulu Tangkis


"Cedera ini sakitnya luar biasa dan sulit untuk diceritakan. Saya benar-benar cuma bisa teriak saja. Tapi, rasa sakit ini mungkin masih 45 persen saja ketika saya menderita cedera pergelangan kaki beberapa waktu lalu," tambahnya menutup.

Selain berprestasi di nomor meja lompat, sebelumnya Agus juga berhasil membantu Jatim menambah emas lewat nomor beregu putra. Suami dari Dewi Prahara ini memang merupakan salah satu pesenam unggulan.karena ia tak pernah gagal mencuri medali dari perhelatan tiga PON sebelumnya.

Video: Jabar Raih Emas dari Road Race Beregu Putri




(ASM)