Jelang SEA Games 2017

Satlak Janji Tuntaskan Masalah Gaji

Media Indonesia    •    12 Juli 2017 10:55 WIB
sea games 2017
Satlak Janji Tuntaskan Masalah Gaji
Menpora Imam Nahrawi (kedua kanan), Chief de Mission (CDM) Kontingen SEA Games Indonesia Aziz Syamsuddin (ketiga kanan) dan Ketua Satlak Prima, Achmad Soetjipto (kanan) berbincang dengan atlet pelatnas Karate SEA Games 2017. (Foto: Ant/Sigid Kurniawan)

Metrotvnews.com, Jakarta: Sejumlah permasalahan masih menghantui para atlet menjelang berlangsungnya SEA Games Kuala Lumpur 2017. Satuan Pelaksana Program Indonesia Emas (Satlak Prima) dan Kementerian Pemuda dan Olahraga pun akan mencari solusi untuk mengurai masalah tersebut agar tidak memengaruhi mental bertanding para atlet.

Ketua Satlak Prima Achmad Soetjipto bahkan berjanji mulai bulan depan tidak akan ada lagi keterlambatan gaji, peralatan, dan akomodasi.

"Kami optimistis mulai bulan depan tidak ada keterlambatan karena semua unit yang terlibat dalam dukungan atlet sudah menjadi satu. Olahraga itu menuntut less-birocratic sehingga birokrasi itu harus sesederhana mungkin," ujar Soetjipto di Jakarta, kemarin.

Terkait dengan masalah keterlambatan gaji atlet satu per satu memang mulai terselesaikan. Namun, hingga kini masalah dana akomodasi dan peralatan masih menjadi beban.

Baca: Rumah Indonesia, Panggung untuk Atlet Lokal Berprestasi


Soetjipto menjelaskan, untuk akomodasi khusus, mereka akan mengubah sistem kontraktual yang saat ini digunakan menjadi sistem bantuan langsung yang pernah digunakan 2015 silam.

Berdasarkan sistem kontraktual, setiap induk cabang olahraga harus menunjuk pihak ketiga yang akan menandatangani kontrak dengan pejabat pembuat komitmen yang mewakili Kemenpora. Cara yang dinilai Soetjipto sangat kaku dan ketat tersebut memerlukan proses birokrasi yang tidak rumit dan memakan waktu. Karena itu, bantuan langsung pun dipilih agar masalah penyaluran dana akomodasi bisa teratasi.

"Kalau soal peralatan tanding minggu depan tidak akan ada masalah dan sudah selesai semua karena sudah ada pernyataan dari semua vendor bahwa mereka siap untuk men-delivered itu," pungkasnya.

Baca: Ada Tambahan Empat Manajer Tim SEA Games


Senada, Chef de Mission (CDM) SEA Games 2017 Aziz Syamsudin pun berjanji akan mengupayakan semaksimal mungkin agar bisa ada solusi dari seluruh permasalahan itu. Tujuannya agar para atlet bisa tampil optimal.

Salah satu masalah yang diterima Aziz yakni soal tempat latihan, try out, peralatan, dan honor. "Soal try out dan peralatan, itu kalau memang ada anggaran harus mengikuti prosedur. Untuk pelatnas, anggaran bergantung pada Menpora dan Sekretariat Negara,' kata Aziz.

Video: Jelang SEA Games, Atlet Panahan Ini Lakukan Meditasi
 


(ASM)