Kota Terakhir di Tanah Papua Siap Gelar Gowes Pesona Nusantara 2017

Rendy Renuki H    •    14 Juli 2017 18:32 WIB
kemenpora
Kota Terakhir di Tanah Papua Siap Gelar Gowes Pesona Nusantara 2017
Foto: Deputi Peningkatan Prestasi Kemenpora Edy Nurinda (kedua dari kiri) dan Panitia Gowes Pesona Nusantara 2017 Very M.R. Sambuaya (kedua dari kanan) saat wawancara interaktif dengan RRI Sorong. (MTVN/Rendy Renuki)

Metrotvnews.com, Sorong: Sorong yang menjadi kota terakhir di tanah Papua siap menggelar ajang Gowes Pesona Nusantara (GPN) 2017, Sabtu 15 Juli besok. Ajang yang masuk dalam bagian program andalan Kemenpora "Ayo Olahraga!" itu akan memulai start pukul 07:00 WIT.

Very M.R. Sambuaya, Sekretaris Dinas Kebudayaan Kota Sorong sekaligus panitia GPN 2017 mengatakan peserta yang sudah terdaftar siang ini sekitar 603 orang. Ia optimistis bisa mencapai target 1000 peserta yang ditentukan Kemenpora bisa tercapai pada penyelenggaraan besok.

"Target dari Kemenpora 1000 peserta, kami optimistis tercapai target tersebut karena kami masih terus membuka pendaftaran hingga hari H. Pendaftaran gratis tidak dipungut biaya," ujar Very kepada Metrotvnews.com, Jumat (14/7/2017).
 

Baca: Target SEA Games dan ASEAN Para Games Diminta Sesuai RKP 2017


Ajang GPN 2017 di Sorong dijadwalkan akan menempuh rute sepanjang 13 kilometer. Rute tersebut nantinya sekaligus akan mengeksplorasi pesona Kota Sorong.

"Rutenya kita sudah tentukan, startnya di lapangan hocky menuju pantai Lido, pasar tradisional Boswesen, kilang minyak peninggalan Belanda, masjid pertama di sorong Masjid Al-Jihad, dan gereja pertama di Sorong Gereja Salom, kemudian finis di kantor Wali Kota," sambung Very.

Sementara, Kemenpora yang diwakili Deputi Peningkatan Prestasi Edy Nurinda mengatakan persiapan GPN 2017 besok sudah matang. Program GPN 2017 ini menurutnya sebagai stimulus untuk mengembangkan olahraga di Tanah Air.

"Pada dasarnya sudah matang, Menpora Imam Nahrawi sudah memutuskan kegiatan ini harus berjalan sesuai tanggal yang telah ditentukan di semua daerah. Intinya kita menstimulus suatu daerah untuk mengembangkan olahraga lewat Gowes Pesona Nusantara ini," ujar pria yang juga menjabat Kepala Pusat Pengembangan Ilmu Teknologi dan Kesehatan Olahraga Nasional (PP ITKON) Kemenpora.
 

Baca juga: Pembalap 11 Negara Ikuti Tour de Flores 2017


Ia pun berharap pelaksanaan GPN 2017 di kota terakhir tanah Papua ini berjalan semarak. Pasalnya, selain untuk menjalankan semboyan "Memasyarakatkan olahraga dan mengolahragakan masyarakat" seperti yang sering digadang Menpora, kegiatan ini sekaligus bisa mengapresiasi masyarakat Sorong untuk mengangkat pesona daerahnya.

"Ayo kita olahraga melalui GPN 2017 ini sekalian menonjolkan pesona daerah. Harapannya masyarakat sorong bisa terapresiasi dan menyambut baik acara ini agar bisa berbondong melaksanakan aktivitas Gowes Pesona Nusantara dan membangkitkan semangat mengolahragakan masyarakat dan memasyarakatkan olahraga," lanjutnya.

Sorong menjadi kota terakhir di Papua yang menggelar ajang Gowes Pesona Nusantara 2017. Sebelumnya, ajang GPN 2017 di Papua dimulai di Teluk wandama dan Manokwari.

Video: ?Rooney Langsung Cetak Gol di Laga Debut Bersama Everton



(ACF)