Asian Games 2018

Atletik Gelar Kejuaraan Pra-Asian Games Awal 2018

Antara    •    06 Juni 2017 20:59 WIB
olahragaatletik
Atletik Gelar Kejuaraan Pra-Asian Games Awal 2018
Agus Prayogo, atlet lari andalan Indonesia di nomor lari jarak menengah (Dok: Istimewa)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) akan berkoordinasi dengan Asosiasi Atletik Asia (AAA) dan Dewan Olimpiade Asia (OCA) untuk menentukan penyelenggaraan kejuaraan uji coba Asian Games pada Januari 2018.

"Kami sudah siap untuk menggelar kejuaraan uji coba itu. Koordinasi ke AAA dan OCA untuk memastikan tidak ada kejuaraan yang berlangsung dalam waktu yang sama saat kejuaraan uji coba Asian Games," kata Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PB PASI Taufik Yudi di Jakarta, Selasa 6 Juni 2017.

Koordinasi PASI dengan AAA itu, menurut Taufik, termasuk pengiriman delegasi teknis dari AAA dan IAAF terkait wasit maupun direktur perlombaan dalam kejuaraan uji coba Asian Games.

Baca juga: Gerak Cepat Matangkan Regenerasi

PB PASI, menurut Taufik, belum menentukan atlet-atlet yang akan mengikuti uji coba Asian Games tersebut menyusul kesesuaian program dari setiap pelatih.

"Kami hanya akan mengingatkan para pelatih kalau kita akan menggelar kejuaraan uji coba. Para pelatih yang lebih mengetahui apakah atlet-atletnya akan ikut atau tidak," katanya.

Mantan Ketua PASI DKI Jakarta itu mengatakan kejuaraan uji coba Asian Games nantinya menjadi ajang pemantauan terhadap atlet-atlet berpotensi medali, baik atlet nasional maupun atlet luar negeri, selain untuk mengukur kesiapan panitia penyelenggara.

"Kami tentu ingin mengirim sebanyak mungkin atlet dalam Asian Games 2018 karena kami tuan rumah. Tapi, setiap atlet harus lolos kualifikasi untuk mengikuti Asian Games," kata Taufik.

Baca juga: Final NBA 2017 Tembus 20 Juta Penonton

Sebelumnya pada Ahad 4 Juni lalu, Panitia Penyelenggara Asian Games (INASGOC) 2018 memutuskan Maret 2018 akan menjadi batas akhir penyelenggaraan Kejuaraan Uji Coba Asian Games 2018 yang berlangsung di Jakarta.

"Penyelenggaraan kejuaraan uji coba Asian Games pada Maret 2018 masih aman bagi kami untuk mengevaluasi kelemahan dan kekuatan penyelenggaraan Asian Games pada Agustus 2018," kata Ketua INASGOC Erick Thohir.

Erick mengatakan kejuaraan uji coba bertujuan untuk mengevaluasi persiapan penyelenggaraan Asian Games dengan menggelar kejuaraan internasional 10 cabang olahraga pada November 2017 hingga Maret 2018.

"Durasi kejuraan uji coba untuk masing-masing cabang olahraga itu sekitar 10-15 hari. Tapi, kejuaraan uji coba itu tidak bertujuan prestasi olahraga kita," kata Erick.

Ke-10 cabang olahraga yang akan menggelar kejuaraan uji coba Asian Games 2018 adalah sepak bola, atletik, panahan, bulu tangkis, basket, tinju, pencak silat, taekwondo, voli indoor, dan angkat besi.

Video: Kemenpora Evaluasi Hasil Piala Sudirman
 


(RIZ)