Jelang SEA Games 2017

Cabang Panahan Terkendala Peralatan

Media Indonesia    •    10 Mei 2017 11:12 WIB
sea games 2017
Cabang Panahan Terkendala Peralatan
Atlet Panahan. (Foto: Ant/ Wahyu Putro A)

Metrotvnews.com, Jakarta: Waktu pelaksanaan SEA Games Malaysia 2017 tinggal tiga bulan lagi. Namun, sejumlah permasalahan masih mendera cabang-cabang olahraga dalam persiapan menuju pesta olahraga negara-negara Asia Tenggara tersebut.

Cabang panahan, misalnya. Mereka mengaku masih mengalami kendala peralatan. Dari nomor compound, peralatan yang diajukan ke Satuan Pelaksana Program Indonesia Emas (Satlak Prima) sejak akhir tahun lalu belum juga diterima hingga saat ini. Manajer pelatnas panahan, Freddy Rosandi mengungkapkan timnya hanya menerima peralatan nomor recurve.

"Compound dijanjikan Juni baru sampai, memang mepet waktunya menjelang SEA Games, tetapi daripada enggak. Alat-alat compound itu tidak akan bisa kami pakai juga di SEA Games karena penyesuaian alat itu butuh waktu satu sampai dua bulan, mungkin untuk Asian Games baru bisa," ujar Freddy di Jakarta, kemarin.

Baca: Christopher Rungkat akan Memulai Kiprah di Ajang Tenis Eropa


Freddy menjelaskan, untuk recurve, alat-alat yang sudah diterima ialah 1 lusin anak panah, 6 busur, dan lengkap dengan aksesori yang dibutuhkan. Menurutnya, para atlet recurve sejauh ini tidak ada yang mengeluh soal kualitas dari peralatan yang mereka terima. Sementara itu, untuk mengatasi peralatan compound yang telat diterima, tambah Freddy, para atlet akan menggunakan peralatan seadanya.

"Kita sudah mengajukan ini sejak lama dan kita harapkan Maret semua sudah diterima, tetapi ternyata April hanya dapat recurve. Untungnya para atlet sudah memiliki alat dan tadinya alat dari Satlak Prima itu kita akan jadikan cadangan, tetapi karena belum ada, ya, kita akan minta tambahan dari PB," kata Freddy.

Baca: Murray Belum Dapat Tantangan Berat di Babak Kedua


"Sebanyak 12 atlet yang terdiri atas 6 atlet recurve dan 6 atlet compound akan diberangkatkan ke SEA Games. Mereka ialah para atlet yang berlaga di Olimpiade Rio de Janeiro 2016. Riau Ega Agatha Salsabila masih menjadi andalan di nomor recurve putra, sedangkan Ika Yuliana Rochmawati menjadi andalan di nomor recurve putri," sambung Freddy.

Sebelum berangkat, timnas panahan dijadwalkan mengikuti uji coba di Kejuaraan Dunia Panahan 2017 di Shanghai pada 14 Mei-22 Mei. Mereka juga berencana berlatih di Belanda pada Juni hingga Juli.

Video: Akhir Penantian Panjang Pelita Jaya



(ASM)