Asean Para Games 2017

Para Cycling Sumbang Medali, Indonesia Masih Pimpin Klasemen

Rendy Renuki H    •    20 September 2017 17:50 WIB
asean para games
Para Cycling Sumbang Medali, Indonesia Masih Pimpin Klasemen
Atlet Para Cycling Indonesia (Dok. Humas Kemenpora)

Metrotvnews.com, Jakarta: Atlet Para Cycling Indonesia turut menyumbangkan medali di hari ketiga Asean Para Games 2017 di Putrajaya, Malaysia, Rabu 20 September. Para atlet yang menyumbang medali untuk Indonesia adalah I Wayan Damai, Ni Kadek Karyadewi, Muhammad Fadli Imammuddin, dan Sufyan Saori yang membuat Indonesia masih memimpin klasemen perolehan medali.

Turun di Perseorangan Putri Kelas H1-H5 yang hanya ada dua peserta dengan jarak tempuh lintasan 12,3 kilometer, Ni Kadek Karyadewi mampu mengungguli pesaingnya Hui Ying Amanda Mok dari Singapura. Ia pun akhirnya mampu mempersembahkan emas pertama dari cabor ini Kontingen Indonesia. 

"Alhamdulillah senang sekali dapat emas pertama untuk para cycling, semoga makin memacu semangat tim untuk selanjutnya, mohon doanya," kata Dewi.

(Baca: Indonesia Terus Dikuntit Malaysia, Vietnam Geser Thailand)


Sayang, di kelas yang sama Perseorangan Putra, I Wayan Damai hanya mendapatkan perunggu. Sementara Muhammad Fadli Imammuddin menyumbang perak di Perseorangan Putra C4 dan Sufyan Saori di C5 yang mendapat perunggu.

"Mohon doanya, besok akan bertanding lagi, semoga dapat emas," kata Fadli.

Puspita Mustika Adya pelatih Para Cycling tidak dapat menyembunyikan rasa bangga dan harunya atas keberhasilan anak asuhnya.

"Saya amat bersyukur, berangkat dengan target dari NPC nol emas nol perak nol perunggu, kenyataannya memperoleh perunggu, perak, dan hari ini emas. Doakan besok Fadli dkk berjuang fight lagi semoga dapat emas lagi," katanya.

Asean Para Games ini menurut pelatih merupakan tujuan jangka pendek. Dengan melihat potensi para atlet yang dengan persiapan apa adanya dapat memperoleh hasil di Kuala Lumpur, optimis di Asian Para Games 2018 dan Paralympic 2020 mampu berprestasi.

"Persiapan kali ini terbilang apa adanya, terbukti mampu berprestasi. Asean Para Games ini tujuan jangka pendek, selanjutnya kita genjot pembinaan untuk Asian Para Games 2018 dan jangka panjang Paralympic 2020," tambahnya.

Sampai siang ini, selain dari Para Cycling ada tambahan medali dari Para Atletic dua emas, lima perak, satu perunggu. Serta tambahan dari Para Swimming enam emas, enam perak, dan dua perunggu.

Membuat Indonesia masih kokoh di puncak klasemen perolehan medali dengan 46 emas, 30 perak, dan 24 perunggu. Ditempel Malaysia di posisi kedua dengan 42 emas, 35 perak, dan 30 perunggu. (RO)

Video: PB PASI Gelar Kejuaraan Internasional Gantole di Semarang
 


(REN)