Gowes Pesona Nusantara Mampir ke Payakumbuh

Kautsar Halim    •    08 Juli 2017 22:21 WIB
olahraga
Gowes Pesona Nusantara Mampir ke Payakumbuh
Suasana Gowes Pesona Nusantara di Payakumbuh. (Foto: Kemenpora)

Metrotvnews.com, Payakumbuh: Gowes Pesona Nusantara sudah sampai ke Payakumbuh, Sumatera Barat. Event bersepeda ria itu berlangsung makin menarik dengan pemandangan yang indah dan jumlah peserta yang semakin banyak.

Salah satu kampanye "Ayo Olahraga" gagasan Kemenpora ini langsung menjadi magnet bagi warga Payakumbuh dan sekitarnya ketika digelar pada Sabtu 8 Juli. Pasalnya, terdapat 3.500 pesepeda yang terdaftar ikut meramaikan acara.

Mengambil start di Taman Digital Payakumbuh pada pukul 09.00 WIB, masing-masing peserta dihadapkan dengan rute jalan sejauh 10 kilometer. Mulai dari anak-anak, pemuda dan bahkan orang tua, tampak kompak ikut meramaikan acara.


Klik: FIA Uji Coba Sistem Keamanan Kokpit Baru di Silverstone


Jauhnya rute yang ditentukan tidak membuat para peserta mudah kelelahan. Maklum, udara Payakumbuh begitu segar dan lingkungan sekitarnya pun masih asri dan bersahabat.

"Olahraga sepeda memang sedang kami kembangkan karena Payakumbuh menjadi salah satu lokasi yang bisa menyediakan trek sepeda terbaik untuk para pegowes," kata Walikota Payakumbuh, Riza Falepi, Sabtu 8 Juli 2017.
 
"Kami memiliki trek yang menarik, dengan pemandangan bagus tentunya," tambahnya.


Klik: Pembalap Malaysia di Ambang Tampil di MotoGP


Dijelaskan Riza lebih lanjut, Payakumbuh juga sudah memiliki trek sepeda gunung berstandar internasional di Ngalau Indah. Lokasi tersebut bukan tempat baru bagi pesepeda profesional karena kerap digunakan sebagai salah satu rute Tour de Singkarak.

"Ketika Kemenpora memberikan kesempatan untuk jadi tuan rumah Gowes Nusantara, kami langsung ambil. Memang, sepeda jadi salah satu wisata olahraga unggulan Payakumbuh," ujar Riza.

Sementara itu, Deputi II Bidang Pengembangan Pemuda Kemenpora, Jonni Mardizal, berharap dengan kehadiran Gowes Nusantara, Payakumbuh bisa semakin sehat dan mengembangkan potensi di bidang olahraga.

 "Banyak yang bisa dikembangkan dari Payakumbuh. Selain itu, saya berharap masyarakat Payakumbuh bisa lebih memperhatikan kesehatan mereka dengan lebih sering berolahraga," tutup Jonni.

 


(KAU)