Peserta Gowes Pesona Nusantara Membludak

Kautsar Halim    •    21 Mei 2017 20:56 WIB
olahraga
Peserta Gowes Pesona Nusantara Membludak
Start Gowes Pesona Nusantara di Bontang. (Foto: Humas Kemenpora)

Metrotvnews.com, Jakarta: Program Gowes Pesona Nusantara yang digagas Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) mendapat respons positif dari masyarakat. Itu diketahui karena jumlah peserta yang berpartisipasi selalu membludak.

Seperti tertuang dalam rilis Kemenpora, Gowes Pesona Nusantara sudah mengunjungi 12 kota di Tanah Air. Beberapa di antaranya adalah Sabang, Toba, Medan, Bontang, Nunukan, Atambua, dan Merauke.

Gowes Pesona Nusantara diproyeksikan bakal terselenggara di 90 kota Indonesia secara bertahap hingga September mendatang. Tadinya target peserta yang diharapkan hadir juga tidak terlalu banyak, yakni hanya sekitar 1.500 pesepeda.


Klik: Novak Djokovic Ditaklukkan Petenis Muda Jerman di Final


Namun, besarnya antuasiasme masyarakat berkata lain. Event tersebut selalu diminati dan jumlahnya pesertanya semakin banyak. Keterangan ini diperoleh langsung dari Deputi III Kementerian Pemuda dan Olahraga (kemenpora), Raden Isnanta, usai menghadiri Gowes Pesona Nusantara di Bontang, Kalimantan Timur.

"Tapi kenyataannya, di Sabang sampai 7.000 peserta, di Medan 6.000 peserta, di Atambua 5.000 peserta, di Merauke 4.000 peserta, dan di kota lain rata-ratanya melebihi dari 2.000 peserta. Event ini antusiasmenya luar biasa," papar Isnanta setibanya di Jakarta, Minggu (21/5/2017).


Klik: Kata Vinales setelah Menang Duel dengan Rossi


Jika terselenggara Gowes Pesona Nusantara, biasanya akan diadakan juga Galadesa. Galadesa itu sendiri adalah turnamen antar desa yang mempertandingkan berbagai jenis olahraga favorit seperti Bola Voli, Sepak Takraw, Sepak Bola, Atletik, dan Bulu Tangkis. 

Bontang merupakan kota terkini yang dikunjungi Kemenpora untuk menggelar Gowes Pesona Nusantara dan Galadesa. Penyelanggaraan di sana juga dikabarkan berlangsung sukses dan meriah karena pesertanya membludak hingga mencapai sekitar 2.000 pesepeda.

"Presiden menginstruksikan agar masyarakat Indonesia sehat. Instruksi itu dijawab Kemenpora dengan Gowes, Galadesa dan program lainnya. Semua event itu intinya mengajak masyarakat membudayakan olahraga," tutup Isnanta.




(KAU)