Asian Games 2018

Alokasi Dana Asian Games Sudah Terserap 98 Persen

Gregah Nurikhsani Estuning    •    11 Desember 2017 22:49 WIB
asian games 2018
Alokasi Dana Asian Games Sudah Terserap 98 Persen
Erick Thohir (AFP/Goh Chai Hin)

Jakarta: Erick Thohir memberikan laporan akhir tahun persiapan panitia penyelenggara Asian Games 2018. Dari anggaran biaya yang dikeluarkan panitia penyelenggara mencapai Rp5,6 triliun. Erick menyebut bahwa dari alokasi sebesar Rp2 triliun, penyerapannya mencapai 98%.

Selain soal anggaran, ada beberapa poin yang disampaikan Erick, mulai dari laporan dana sampai laporan test event Road to Asian Games.

"Mayoritas dana Asian Games kan dari publik, oleh karena itu kita namakan laporan akhir tahun public expose, supaya masyarakat tahu gimana-gimananya. Jadi, tujuan malam ini adalah melaporkan kesiapan panitia Asian games," ujar Erick Thohir di Jakarta, Senin 11 Desember 2017.

Baca juga: Menpora Klaim Stadion Akuatik GBK Terbaik se-Asia

Erick sedikitnya mengambil tiga poin penting dalam Asian Games 2018 itu. Salah satu di antaranya adalah menonjolkan budaya dan perbaikan moral masyrakat dalam memanfaatkan fasilitas di Asian Games 2018 mendatang.

"Selain aspek budaya, Asian Games juga akan menjadi ajang promosi negara, serta memberikan dampak ekonomi. Event internasional akan memberikan dampak kuat terhadap ekonomi karena dengungnya bakal terus terasa untuk waktu yang lama."

Mengenai anggaran, biaya yang dikeluarkan panitia penyelenggara mencapai Rp5,6 triliun. Erick menyebut bahwa dari alokasi sebesar Rp2 triliun, penyerapan sudah mencapai 98%.

Baca juga: Indonesia Tuan Rumah Piala Dunia Basket FIBA 2023

"Anggaran sekarang totalnya Rp5,6 triliun. Ini tadinya tanpa pajak, tapi setelah ada pajak kena lagi sekitar 300-400 miliar," tambahnya lagi.

Pemerintah menyumbangkan Rp4,5 triliun, sedangkan sisanya yakni Rp1,1 triliun adalah dana sponsorship baik dari swasta dan BUMN yang berpartisipasi di Asian Games 2018 nanti.

"Berkaitan dengan anggaran, dari alokasi Rp2 triliun penyerapan yang dilakukan sudah 98%. Porsi terbanyak anggaran diserap Deputi III, Games Supports yang menangani IT dan broadcast," katanya lagi.

"Mengenai pengadaan barang dan jasa, karena kedudukan INASGOC merupakan satuan kerja di Kemenpora, maka semuanya dilakukan sesuai aturan dalam penggunaan uang negara. Banyak pengadaan dilakukan dengan cara lelang yang mencapai 87%," jelas Erick.

Video: Pernak-pernik Asian Games Hiasi Kota Palembang
 


(RIZ)