Tips Jadi Perenang Hebat ala Siman Sudartawa

Gregah Nurikhsani Estuning    •    02 Februari 2018 21:00 WIB
renang
Tips Jadi Perenang Hebat ala Siman Sudartawa
Siman Sudartawa. (Foto: ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Jakarta: I Gede Siman Sudartawa, perenang berpretasi Indonesia, membeberkan tips-tips untuk terus menjaga kebugaran tubuhnya, terutama saat berenang.

Peraih emas SEA Games 2017 Kuala Lumpur, Malaysia itu rencananya akan diberangkatkan pada Februari ini ke Australia dan Amerika Serikat untuk pemusatan latihan jelang Asian Games 2018.

Siman menuturkan, TC digelar di luar negeri untuk menjaga nutrisi agar lebih terkontrol. Sebab, jika di Indonesia sulit untuk menghindari makanan-makanan yang kurang memuat gizi.

"Kita harus menjaga asupan gizi pada makanan. Untungnya nanti kita ada TC di Australia dan Amerika Serikat, jadi makanannya terkontrol," ujar Siman kepada medcom.id.
 

Klik: Rencana Siman Usai Diangkat sebagai PNS


"Kalau di Indonesia kita susah menjaga (diri dari makanan yang harus dihindari). Di Amerika kan tidak mungkin kita sehabis renang ada gorengan," sambungnya.

Selain makanan, tips dari Siman agar tetap bisa menjaga kebugaran tubuh adalah jangan absen latihan lebih dari tiga hari. Sebab, tubuh membutuhkan adaptasi dan penyesuaian, sehingga badan akan terasa kaku jika sehari saja absen latihan.

"Tidak ada libur. Dalam renang itu tidak boleh sebenarnya ada libur, sebab tidak latihan sehari saja pengaruhnya lumayan. Saya ke sini (studio 1 Metro TV) harus minta ijin dulu sama pelatih, beliau mengijinkan. Persiapan saya Asian Games benar-benar diperhatikan, tapi memang tiap hari tidak bisa absen latihan," kata Siman lagi.

"Dalam renang ada istlah water feel, kalau tidak latihan, bisa hilang water feel-nya. Tiga hari tidak latihan, beda banget rasanya. Terbiasa berenang membuat kita ketika berenang seperti berenang, bukan diam saja di tempat, tidak ciak-ciak air saja. Memang badan pasti berat, lelah, tapi power-nya dapat, dan dengan teknik latihan yang tepat, capek itu tidak terasa kok, badan tetap segar," pungkasnya.

Video: Kontingen Rusia Tiba di Korea Selatan
 


(ACF)