PON 2024

Sumatra Barat Ingin jadi Tuan Rumah PON Tahun 2024

Antara    •    21 November 2016 21:44 WIB
olahragaponsel pintar
Sumatra Barat Ingin jadi Tuan Rumah PON Tahun 2024
Ilustrasi (istimewa)

Metrotvnews.com, Padang: Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sumatra Barat (Sumbar) terus mengupayakan daerahnya menjadi tuan rumah pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI tahun 2024.

"Kami masih berpeluang menjadi tuan rumah bersaing dengan Aceh dan Sumatra Utara dan berharap PON 2024 di Sumatra," kata pelaksana tugas Ketua KONI Sumbar, Syaiful di Padang, Senin (21/11/2016).

Dia menyebutkan beberapa upaya yang terus dilakukan KONI, yakni penguatan sarana dan infrastruktur olahraga. Menurutnya pada beberapa kabupaten dan kota didorong untuk membuat atau merenovasi tempat pertandingan olahraga.

Selain itu, KONI juga mendorong pemerintah provinsi untuk menyiapkan tempat pertandingan yang representatif.

Baca juga: Atlet PON Jatim Dapat Bonus Rp250 Juta Pertengahan Desember

"Gelaran Pekan Olahraga Provinsi menjadi salah satu upaya pantauan kesiapan tempat pertandingan tersebut," tambahnya.

Dari gelaran Porprov tersebut,  kata dia akan dievaluasi persiapan daerah menyelenggarakan pertandingan sekaligus melihat perkembangannya.

"Gelaran Porprov di Padang ini menjadi cerminan kesiapan Sumbar untuk menggelar PON di masa depan," ujarnya.

Selain memperkuat sarana dan prasarana, pihaknya juga mendorong partisipasi masyarakat untuk meningkatkan peranan dalam memajukan olahraga di Sumbar.

Salah satunya,  kata dia dengan menggelar berbagai pertandingan olahraga yang melibatkan daerah lain di nasional bahkan luar negeri.

"Seiring perkembangan dan promosi diharapkan mendukung pemilihan tuan rumah PON nantinya,"  katanya.

Ke depan,  pihaknya juga akan melakukan lobi di tingkat nasional dengan catatan dukungan tersebut dapat terwujud. Sekadar informasi, Sumatra Barat belum pernah menjadi tuan rumah PON sejak ajang tersebut sudah digelar sebanyak 19 kali.(ant)

Video: Riedl: Timnas Siap Tempur Lawan Filipina
 


(RIZ)