Kirab Api Peparnas 2016 dari Gedung Sate menuju Stadion Siliwangi

Jaenal Mutakin    •    15 Oktober 2016 11:37 WIB
peparnas 2016
Kirab Api Peparnas 2016 dari Gedung Sate menuju Stadion Siliwangi
Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan (tengah) melihat persiapan pembukaan Peparnas XV di Stadion Siliwangi Bandung, Jawa Barat, Jumat (14/10). Sebanyak 33 Provinsi se Indonesia akan mengikuti 13 Cabang Olahraga Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XV pada

Metrotvnews.com, Bandung: Perhelatan Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XV/2016 secara resmi dimulai. Hal itu ditandai dengan diaraknya kirab api Peparnas oleh dua atlet legenda paralimpik nasional pada pukul 08.00 WIB di halaman Gedung Sate, Kota Bandung. Sabtu (15/10/2016).

?Dua atlet legenda yang dipercaya untuk membawa obor api abadi yakni Abdul Kholiq yang pernah mewaliki Indonesia pada kejuaraan tenis meja internasional, Fespic Games di Taipei, Taiwan pada 1999.

Atlet yang kedua yakni Ika Damayanti yang pernah mengikuti kejuaraan internasional Special Olimpic World Game 2015, cabang bulu tangkis putri di Amerika Serikat.‎ Kirab api Peparnas itu juga didampingi pula oleh enam perwakilan Sekolah Luar Biasa Kota Bandung.

Adapun rute kirab api yang akan dilalui yakni jalan Dipenorogo, jalan Ir. Juanda (Dago), jalan Merdeka, jalan Aceh, dan berakhir di Stadion Siliwangi.

?"Kirab api sebagai rangkaian pembukaan Peparnas. Ini sama dengan api pon sumbernya dari sumber api balongan. Api di Bawa ke Stadion Siliwangi," ucap Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) saat memimpin upacara di halaman Gedung Sate.

?Peparnas XV akan berlangsung dari 15 - 24 Oktober 2016. Peparnas Jawa Barat juga akan mempertandingkan 599 nomor pertandingan, memperebutkan 599 medali emas, 599 perak, dan 745 perunggu.

?Ada 13 Cabor yang akan dipertandingkan pada Peparnas XV ini, yaitu Atletik, Angkat Berat, Bola Voli Duduk, Bulutangkis, Catur, Gol Ball, Judo, Renang, Panahan, Sepak bola, Tenis Meja, Tenis Lapangan Kursi Roda, dan Bowling.

 


(KRS)