PON 2016

Atlet PON Jatim Dapat Bonus Rp250 Juta Pertengahan Desember

Amaluddin    •    16 November 2016 22:14 WIB
pon 2016bonus atlet
Atlet PON Jatim Dapat Bonus Rp250 Juta Pertengahan Desember
Atlet karateka Jatim Sisilia Agustiani Ora (jaket hijau) (Foto: Amaludin/MTVN)

Metrotvnews.com, Surabaya: Akhirnya kabar pembagian uang bonus bagi atlet Jawa Timur peraih medali emas dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX 2016 Jabar, terjawab sudah pada Rabu 16 November 2016.

Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Jatim memang menjanjikan bonus untuk atlet Jatim dibagikan pertengahan Desember 2016 mendatang.

"Bagi atlet peraih medali emas akan mendapatkan bonus Rp250 juta. Bonus itu akan kami bagikan pada pertengahan Desember akhir tahun 2016 ini," kata Ketua Umum KONI Jatim Erlangga Satriagung, Rabu (16/11/2016).

Meski demikian, kata Erlangga, tidak semua peraih medali mendapatkan haknya secara utuh. KONI akan membagikan bonus tersebut dengan mencicil. Sebab, anggaran untuk bonus yang dimiliki KONI Jatim terbatas. 

"Bonus akan kami bagikan dua tahap. Tahap pertama akan dibagikan pada Desember 2016, dan tahap kedua pada Februari 2017," katanya.

Baca juga: Indonesia Kirim Enam Wakil ke Putaran Kedua

Pada tahap pertama, KONI akan membagikan bonus sebesar 75 persen dari total anggaran bonus sebesar Rp130 miliar yang diajukan ke Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim. Sisanya 25 persen baru diserahkan pada tahap kedua Februari 2017. 

"Bulan Desember dibagikan ke semua peraih medali sebesar Rp90 miliar. Sisanya sebesar 25 persen atau Rp35 miliar akan dibagikan pada Februari 2017 mendatang. Kita ratakan semua," urainya.

Menurut Erlangga, semula pihaknya berencana akan membagikan bonus untuk peraih medali emas untuk cabang olahraga (cabor) yang paling banyak menyumbangkan medali saja. Namun rencana itu urung karena KONI Jatim tidak ingin terjadi gejolak di kalangan atlet peraih emas, perak dan perunggu.

"Kalau dibagikan hanya untuk beberapa cabor saja, khawatir nanti ada protes. Itu yang tidak kami inginkan. Makanya bonus akan kami bagi rata bagi atlet yang berhasil medali saja, untuk meminimalisir gejolak di kalangan atlet nantinya," pungkasnya.

Bonus Rp250 juta untuk atlet Jatim peraih emas, lebih besar dari bonus atlet Jabar yang notabene juara umum PON 2016 yang hanya Rp200 juta. Namun, atlet Jabar peraih emas juga mendapat bonus tambahan berupa rumah.

Video: Timnas Gelar Latihan Sesi Terakhir Jelang Piala AFF
 


(RIZ)