Menpora Berharap Prestasi Golf Tanah Air Meningkat

Gervin Nathaniel Purba    •    28 Juni 2018 19:12 WIB
berita kemenpora
Menpora Berharap Prestasi Golf Tanah Air Meningkat
Junior Golf Championship merupakan kesempatan emas untuk masa depan golf Tanah Air. (Foto: Dok. Kemenpora)

Depok: Piala Menpora-PAGI (Perkumpulan Akademi Golf Indonesia) Junior Golf Championship 2018 resmi ditutup oleh Menpora Imam Nahrawi, bersama Ketua PAGI Mudjo Swarno dan Wakil Sekjen PB PGI I Gusti Putu Gede, di Lapangan Golf Emeralda Golf Club, Cimanggis, Tapos, Depok, Jawa Barat, Kamis, 28 Juni 2018.

Imam menyampaikan bahwa Junior Golf Championship merupakan kesempatan emas untuk masa depan golf Tanah Air. Imam berharap turnamen seperti ini dapat digelar rutin.

"Terima kasih kepada PAGI, PB PGI, sponsor, peserta, dan orang tua yang terlibat dalam acara yang merupakan kesempatan emas untuk masa depan golf Indonesia, karena turnamen untuk yunior telah menjadi konsentrasi yang membanggakan bersama," ujar Imam, dalam keterangan tertulis.

Ia berharap lapangan golf semakin banyak seiring dengan membaiknya prestasi golf Indonesia di tingkat Asia bahkan di dunia. 

"Saya berharap kepada PB PGI agar dapat mengatur keadaan ini sedemikian rupa dengan baik. Saya juga meminta kepada PAGI agar turnamen dan kompetisi bisa lebih sering lagi, bahkan hingga tiga bulan sekali. Itu bukan hal yang susah. Terlebih pembiayaannya dari CSR pengelolaan lapangan golf. Kami akan terus mendukung," tuturnya.

Turnamen 1st Menpora-PAGI Junior Golf Championship 2018 dibagi ke dalam empat kelompok putra dan putri Junior sesuai umur (9-18 tahun) yang diikuti 112 peserta dari seluruh pelosok Indonesia dan beberapa klub, ditambah beberapa peserta dari luar seperti Malaysia,Thailand, Amerika, dan Abu Dhabi.

Ketua Panitia Purboyo Adi Purnomo mengatakan kedepan pihaknya akan membuat even turnamen Junior Golf Championship 2018 menjadi lebih tinggi dan bersifat open. Turnamen ini lanjutnya, masuk dalam perhitungan WAGR (World Amateur Golf Rangking) dan terdaftar dalam kalender resmi APJGA (Asia Pasifik Junior Golf Association) sehingga menjadi rute turnamen internasional untuk mengejar prestasi di Asia Pasifik.

"Nanti juara dari Junior Golf ini mendapatkan hal-hal yang bisa menjamin masa depannya seperti beasiswa (golf dan sekolah umum) semoga tahun depan lebih meriah lagi," kata dia.

Sementara itu, Wakil Sekjen PB PGI  I Gusti Putu Gede menyampaikan PGI sangat bangga dan mendukung acara dalam rangka mencari bibit atlet bertalenta golf usia dini. 

"Ini adalah ajang pencarian bakat-bakat untuk golf karena golf bukan lagi olahraga mahal tergantung kita memilihnya, terimakasih para orang tua yang terus mendukung putra putrinya untuk meluangkan waktu membagi pengalaman memajukan olahraga golf," kata Gusti.


(ROS)