Jelang Asian Games 2018

Erick Thohir Apresiasi Swadaya Masyarakat Jakarta Sosialisasikan Asian Games

Krisna Octavianus    •    08 April 2018 04:51 WIB
asian games 2018
Erick Thohir Apresiasi Swadaya Masyarakat Jakarta Sosialisasikan Asian Games
Ketua Pelaksana Asian Games 2018, Erick Thohir dan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno di acara Festival Olahraga Rakyat yang digelar di Jagakarsa, Jakarta Selatan, Sabtu (7/4/2018). (Foto: dok INASGOC)

 Jakarta: Ketua Panitia Pelaksana Asian Games 2018 (INASGOC), Erick Thohir memberikan apresiasi kepada masyarakat DKI Jakarta yang melakukan sosialisasi Asian Games 2018 secara swadaya.

Sepanjang Sabtu 7 April, di dua tempat yang berbeda, yakni di Kemayoran, Jakarta Pusat dan Jagakarsa, Jakarta Selatan, Ketua INASGOC, Erick Thohir menyaksikan secara langsung antusiasme masyarakat ibu kota dalam acara Festival Olahraga Masyarakat demi mendukung Asian Games 2018.

Kegiatan berupa pertandingan futsal dan pertunjukan marching band yang diikuti siswa Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), dan Sekolah Menengan Atas (SMA) itu juga mendapat dukungan dari Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno yang hadir di Jagakarsa.

"Saya terharu dengan kegiatan swadaya ini. Mereka mau melakukan kegiatan ini. Asian Games 2018 ini milik masyarakat, jadi semua pihak harus menyukseskannya. Selain acara seperti ini, INASGOC juga akan melakukan road show ke sekolah-sekolah untuk mensosialisasikan kepada pelajar. Tadi juga saya bersama wagub DKI Jakarta memberitahu secara langsung kepada masyarakat tentang libur sekolah selama Asian Games 2018," terang Erick. 

Festival olahraga masyarakat ini mempertandingkan Futsal antar sekolah mulai tingkat sekolah dasar (SD), sekolah menengah pertama (SMP), dan sekolah menengah atas (SMA). Panitia penyelenggara menyediakan hadiah kambing, ayam, dan kelapa untuk pemenang. Mengetahui hadiah dalam bentuk barang, Erick Thohir spontan memberikan hadiah uang kepada pemenang pertama hingga ketiga disetiap kategori. "Saya tambahkan hadiah yang agar bisa untuk makan-makan bagi pemenang,” ujar Erick.

Saat acara digelar di Kemayoran, juga berlangsung pertandingan eksebisi antara Legend Persija VS DKI Jakarta, coaching clinic oleh para pemain eks Persija dan juga promosi Asian Games dari INASGOC. Ini merupakan kolaborasi Pemprov DKI dan INASGOC dalam rangka sosialisasi lebih jauh dengan warga masyarakat mengenai Asian Games 2018. Berikutnya acara sosialisasi ini juga akan di adakan di seluruh wilayah Jakarta.

Kepala Dinas Pemuda dan olahraga (Kadispora) DKI Jakarta, Ratiyono menyatakan acara seperti ini akan berlangsung diseluruh wilayah DKI Jakarta. "Kita mulai gelar dari tingkat kelurahan, kecamatan, dan akhirnya antar walikota. Semua acara ini dalam rangka menggemakan Asian Games 2018 kepada seluruh lapisan masyarakat." 

"Acara ini mulai kita lakukan 5 Februari lalu dan terus berlanjut dengan cabang olahraga yang berbeda, selanjutnya adalah Tenis Meja, Catur, Voli, dan Senam. Kita ingin Asian Games 2018 sukses dan dapat dinikmati masyarakat ibu kota," jelas Ratiyono. 

 


(KRS)