Sukabumi Jadi Tuan Rumah Gala Desa 2018

Gervin Nathaniel Purba    •    28 September 2018 16:08 WIB
berita kemenpora
Sukabumi Jadi Tuan Rumah Gala Desa 2018
Suasana pembukaan Gala Desa 2018 di Kabupaten Sukabumi -- Foto: dok Kemenpora

Sukabumi: Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) menunjuk Kabupaten Sukabumi sebagai salah satu tuan rumah kegiatan Gala Desa 2018. Sukabumi dipilih karena menjadi penyumbang atlet terbanyak ketiga di Jawa Barat.

Beberapa atlet nasional memang berasal dari daerah yang terkenal dengan semboyan Gemah Ripah Loh Jinawi ini. Sebut saja Sri Ranti, atlet putri Tanah Air yang meraih medali emas SEA Games Kuala Lumpur 2017 dari cabang olahraga panahan.

Kemudian Monica Pransisca Sugiarto, meraih perak cabang olahraga wushu di turnamen yang sama. Selain itu, atlet yang kian membanggakan Sukabumi adalah Ujang Hasbulloh yang belum lama ini meraih emas Asian Games 2018 dari cabor dayung putra.

"Respons masyarakat di sini mengukuti Gala Desa 2018 sangat luar biasa. Sukabumi merupakan peringkat ketiga terbanyak di Jawa Barat dalam segi kontribusi atlet. Jadi cukup bagus memang menggelar kegiatan Gala Desa di sini," ujar Asisten Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Kemenpora, Alman Hudri dalam keterangan tertulis, Jumat, 28 September 2018.

Gala Desa 2018 di Sukabumi yang berpusat di Lapangan Gumbira, Kecamatan Nagrak ini, mengundang antusia masyarakat setempat. Mereka sudah memadati lapangan bahkan sejak pukul 06.00 WIB untuk mengikuti rangkaian acara yang diawali senam massal popo-poco tersebut.

Kegiatan pun dilanjutkan dengan mempertandingkan empat cabang olahraga yakni, bola voli, bulu tangkis, tenis meja, dan atletik. Selain itu, turut dipertandingkan juga olahgara rekreasi dan tradisional seperti tarik tambang dan lainnya.

Melihat prestasi atlet Sukabumi dan antusiasme warganya, Alman mengatakan akan kembali memproyeksikan daerah tersebut menggelar Gala Desa tahun depan. Serta mendorong program unggulan Kemenpora lainnya untuk bisa diselenggarakan di Sukabumi.

"Kami akan coba terus proyeksikan ke daerah sini, dan mungkin ada kegiatan lain kita tarik ke sini untuk menggairahkan kembali. Supaya warga Sukabumi lebih giat berolahraga, dan khususnya untuk pembinaan yang secara terus-menerus sehingga menghasilkan atlet-atlet yang terbaik," ucap Alaman.

 


(Des)