Peparnas XV

Pembukaan Peparnas XV Usung Tema Terbanglah Garudaku Mendunia

   •    15 Oktober 2016 00:01 WIB
olah raga
Pembukaan Peparnas XV Usung Tema Terbanglah Garudaku Mendunia
Istimewa

Metrotvnews.com, Bandung: Upacara pembukaan Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XV/2016 Jawa Barat di Stadion Siliwangi Kota Bandung, Sabtu 15 Oktober 2016 besok, akan mengusung semangat dan tema "Terbanglah Garudaku Mendunia".

"Prosesi pembukaan Peparnas 2016 selain mengusung tagline menembus batas juga akan mengekspresikan spirit prestasi internasional yang akan kita tuangkan dengan tema Terbanglah Garudaku Mendunia," kata Koordinator Tim Sembilan Bidang Upacara PB PON dan Peparnas 2016 Jabar Aat Suratin.

Menurut Aat, rangkaian upacara pembukaan Peparnas dikemas dalam bingkai harmoni Nusantara dengan mengusung berbagai seni budaya Indonesia yang dikemas dengan rasa Jawa Barat.

Sebanyak 600 penari akan dilibatkan, termasuk 200 penari dari 48 sekolah luar biasa di Kota Bandung. Sedangkan 400 penari lainnya seniman-seniman muda dari SMKN 10 Kota Bandung, yang merupakan sekolah pengembangan kesenian.

Baca juga: Medali Emas Pertama Peparnas Diprediksi dari Cabor Atletik

Pergelaran seni itu digelar seusai penyulutan api kaldron Peparnas 2016 yang rencananya dilakukan atlet Ni Nengah Widiasih, peraih medali perunggu pada ajang Paralympiade 2016 di Rio de Janeiro.

Dalam perhelatan kolosal tersebut, menurut Aat, spirit untuk mendorong generasi-generasi atlet muda Indonesia berprestasi internasional akan menjadi fokus dari pergelaran yang rencananya berlangsung lebih dari satu jam itu.

"Semangatnya, masa depan harus diisi dengan prestasi tak hanya di tingkat lokal, nasional tapi juga tingkat dunia. Peparnas menjadi sebuah ajang yang bisa memfasilitasi seorang atlet berprestasi dan diakui sebagai legenda," katanya.

Sementara itu, tim kreatif upacara pembukaan Peparnas telah melakukan latihan di Stadion Siliwangi Bandung, langsung menggunakan stage yang dipersiapkan untuk perhelatan itu. Bahkan latar belakang stage ditempatkan megatron yang akan menunjukan visual pendukung pementasan itu.

Rangkaian pembukaan Peparnas 2016 Jabar dibuka melalui sebuah performance dari sebuah grup band Kota Bandung yang sedang naik daun, Bandung Rock Anthem. Penampilan menghentak di laga awal akan menjadi pembuka dari perhelatan Peparnas.

Kemudian sebanyak 600 penari akan menampilkan beberapa tarian sejumlah daerah dengan kostum full colour lengkap dengan instalasinya. 

"Aransemen musiknya digarap dengan rasa Jawa Barat. Kami memberikan penampilan lain dari pada yang lain, dan diharapkan pementasan ini menjadi yang termeriah sepanjang Peparnas," kata Aat.

Aksi pamungkas dari perhelatan pembukaan Peparnas akan ditutup oleh aksi panggung grup band Java Jive.

Sementara itu Koordinator Talent Pembukaan Peparnas 2016 Jabar, Iman menyatakan para penari yang akan dilibatkan pada acara itu berbeda dengan mereka yang tampil pada ajang pembukaan dan penutupan PON.

Semua penari khusus dipersiapkan untuk perhelatan Peparnas dan tidak terlibat dalam pembukaan dan penutupan PON.(ant)
 
Video: Menpora Optimistis Renovasi GBK Tepat Waktu


(RIZ)