Balap Sepeda

Pelatnas Balap Sepeda Dipusatkan di Australia

   •    08 November 2016 19:24 WIB
olahragabalap sepeda
Pelatnas Balap Sepeda Dipusatkan di Australia
Pembalap beradu cepat pada etape keempat Tour de Flores dengan rute Bajawa-Ruteng yang berjarak 136,6 km, Nusa Tenggara Timur(Foto: ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemusatan latihan nasional (pelatnas) balap sepeda untuk ajang SEA Games 2017 Malaysia dan Asian Games 2018 bakal diboyong ke Perth, Australia, guna meningkatkan performa pembalap terbaik Indonesia saat ini.

Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Sport Sepeda Indonesia (PB ISSI) Raja Sapta Oktohari di Jakarta, Selasa 8 November 2016, mengatakan pembalap yang bakal menjalani Pelatnas di Negeri Kanguru ini difokuskan untuk disiplin track. Namun, untuk pelaksanaannya masih ada kendala.

"Sudah disepakati yang dikirim ke Australia khusus track. Yang menjadi kendala saat ini adalah tempat tinggal. Saat ini belum mendapatkan yang tepat. Kalau sudah dapat, langsung berangkat," katanya di sela soft launching Tour d'Indonesia 2017.

Terkait jumlah pembalap yang diproyeksikan untuk SEA Games 2017, PB ISSI telah mendapatkan kepastian dari Satuan Pelaksana Program Indonesia Emas (Satlak Prima).  Ada 24 pembalap yang telah disetujui dari 34 yang
diajukan. Pembalap berasal dari disiplin road race, track dan BMX.

"Untuk dua bulan ini memang baru 24 pembalap, tapi untuk Januari kami akan mengajukan kembali. Saat ini memang fokus di SEA Games 2017. Jadi untuk disiplin MTB dan Down Hill belum masuk," kata pria yang akrab dipanggil Okto itu.

Sementara itu, pelatih kepala disiplin track Wahyudi Hidayat mengatakan pihaknya akan mempersiapkan dengan baik pelatnas kali ini, karena waktu persiapan untuk menghadapi SEA Games 2017 tidak panjang. Untuk itu waktu yang ada harus dimaksimalkan. ISSI dan Kementerian Pariwisata Sepakat Kembangkan Sport Tourism

"Makanya kami dorong spesialisasi yang jelas. Di track itu ada sprint dan endurance. Untuk itu pembalapnya harus dipilah karena materi latihannya berbeda. Semoga keberangkatan ke Perth segera mendapatkan kepastian supaya pelatihan bisa maksimal," katanya.

Demi mendunkung tim kepelatihan, pihaknya juga sudah mendapatkan tambahan tenaga dari PB ISSI. Salah satunya memberdayakan pembalap yang baru saja pensiun. Khusus untuk track, induk organisasi balap sepeda
Indonesia memasukkan nama Samai.

"Memang benar, Samai masuk sebagai asisten pelatih. Ini adalah salah satu penyegaran yang untuk kalangan pelatih. Untuk road, Tonton Susanto juga diberi kepercayaan menjadi asisten pelatih," katanya menambahkan.

Terkait dengan nama-nama pembalap yang dipanggil, Wahyudi belum memberikan data dengan detail. Namun, jika didasarkan pada hasil PON 2016 dan penilaian lainnya, nama-nama seperti Muhammad Nur Fathoni, Nandra Eko Wahyudi, Fatahillah Abdullah, Ayustina Delia hingga Elga Kharisma Novanda berpeluang diboyong ke Australia.(ant)

Video: Timnas Basket Putri U18 Uji Coba Melawan UEU Swans
 


(RIZ)