PON 2016 Cabang Squash

Juara Squash Beregu Campuran Harus Ditentukan Lewat Game Ketiga

Roni Kurniawan    •    26 September 2016 20:39 WIB
pon 2016
Juara Squash Beregu Campuran Harus Ditentukan Lewat Game Ketiga
Squash (Foto Ilustrasi/wikipedia)

Metrotvnews.com, Bandung: Tim Jawa Barat dan tim Jawa Timur sementara harus berbagi angka 1-1 dalam cabang olahraga squash di nomor beregu campuran di ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX/2016 Jawa Barat. Atlet putra Sandi Arisma membawa Jabar unggul lebih dahulu usai mengalahkan Soni Ramdhani dengan skor 3-2 di Siliwangi Squash Center, Jalan Aceh, Kota Bandung, Senin 26 September 2016.

Laga penuh emosional tersebut mendapat dukungan dari kedua kubu. Teriakan suporter menggema arena squash yang dipenuhi kedua pendukung. Meski berstatus sebagai tuan rumah, atlet putra Jabar Sandi harus susah payah meladeni permainan lawan sebanyak lima set dalam kurun waktu hampir satu jam.

Set pertama, Soni unggul meyakinkan dengan skor 11-6. Namun pada set kedua, giliran atlet tuan rumah unggul dengan skor 11-5. Pertandingan pun semakin panas ketika memasuki set ketiga. Laga bahkan sempat diulang beberapa kali karena terjadi insiden hampir tabrakan kedua pemain. Soni pun mampu membalikan keunggulan menjadi 2-1 dan menang dengan skor 11-9.

(Baca juga: DKI Jakarta Kawinkan Gelar Juara Polo Air PON 2016)

Memasuki set keempat, Sandi mulai unjuk gigi melawan permainan cepat yang diperagakkan Soni. Hal itu terbukti, Sandi mampu unggul di set keempat dengan skor meyakinkan yakni 11-7. Kedudukan pun menjadi sama kuat 2-2 untuk kedua tim.

Memasuki set kelima atau set penentuan, Soni mencoba memperlambat permainan dengan pukulan pelan. Cara tersebut membuat Sandi berjibaku mengambil alih bola pukulan Soni. Soni pun kalah di set terakhir dengan skor mencolok 1-11.

Keunggulan tim Jabar 1-0 atas Jatim langsung dibayar tuntas di game kedua. Atlet putri Jatim Irma Maryani sukses mengalahkan atlet Jabar Femmy Meydini Lazuardi.

Irma menang tanpa kesulitan. Bahkan Irma mampu dominan pada set pertama dengan pukulan-pukulan keras. Femmy pun harus mengakui keunggulan Irma kalah dengan skor 10-12.

Unggul di set pertama, tidak membuat Irma menurunkan tempo permainannya. Ia terus memberikan bola cukup sulit untuk dijangkau Femmy. Hasilnya Irma menuntaskan laga dengan skor cukup mencolok yakni 11-5. Jatim unggul 2-0 di laga kedua final beregu campuran cabor squash.

Memasuki set ketiga, Femmy selaku tuan rumah mencoba bangkit untuk mengejar ketertinggalan. Femmy mencoba meladeni pukulan cepat yang diperagakan Irma. Beberapa pukulan keras Femmy sempat membawa unggul, namun hasil akhir berbicara lain. Femmy tetap harus mengakui keunggulan Irma di set ketiga dengan skor mencolok yakni 4-11.

Kemenangan Jatim di partai kedua membuat kedudukan menjadi sama kuat 1-1 dalam final beregu campuran tersebut. Penentuan medali emas terjadi di laga terakhir yang mempertemukan dua atlet putra, yakni Andi Hasanudin (Jabar) melawan Yonas Belo (Jatim).
 
Video: Tim Voli Putri Sulut Taklukkan DKI 3-1


(RIZ)