Jelang Asian Games 2018

Angkat Besi Bertekad Rebut Emas Meski Dana Minim

Kautsar Halim    •    08 Januari 2018 21:18 WIB
angkat besiolah ragaasian games 2018
Angkat Besi Bertekad Rebut Emas Meski Dana Minim
Rosan Perkasa Roeslani dan Djoko Pramono-Medcom.ID/Kautsar Halim

Jakarta: Pengurus Besar Persatuan Angkat Besi, Berat dan Binaraga Seluruh Indonesia (PB PABBSI) bertekad merebut satu medali emas di ajang Asian Games 2018. Mereka tak peduli meski dana dari pemerintah minim. 

PABBSI sejauh ini telah mengajukan anggaran Pelatnas angkat besi 2018 sebesar Rp17,6 miliar kepada pemerintah. Namun, pemerintah hanya menyetujui Rp8,9 miliar. 

Menanggapi itu, Ketum PABBSI Rosan Perkasa Roeslani terus berupaya mencari tambahan untuk menutupi kekurangan anggaran. 

Baca juga: Tim Angkat Besi Indonesia Berikrar untuk Asian Games 2018

"Apa yang diterima dari pemerintah harus dimanfaatkan semaksimalkan mungkin. Tapi, kami juga tidak hanya berharap anggaran dari pemerintah saja karena masih ada sponsor," kata Rosan usai menghadiri acara Ikrar dan Kebulatan Tekad Atlet Angkat Besi di Jakarta, Senin (8/1/2018).

Meski berupaya, Rosan berharap pemerintah bisa menepati janjinya terkait cabor prioritas. Angkat besi termasuk salah satu cabang yang diandalkan meraih emas. 

"Jadi saya mohon dari pemerintah untuk memprioritaskan anggaran tersebut," tambahnya.

Baca juga: Anggaran Pelatnas Kontingen Indonesia Diminta Tuntas Pekan Ini

Waketum PABBSI Djoko Pramono juga mengamini penyataan tersebut. Namun, dia menegaskan ada tidaknya anggaran, Pelatnas angkat besi akan tetap berjalan.

"Dibayar atau tidak dari pemerintah kami akan jalan terus. Terserah pemerintah berpikir bahwa kami cabor unggulan atau tidak. Tapi yang pasti kami akan terus jalan," tegas Djoko.

Tim angkat besi Indonesia menjalani Pelatnas di Markas Komando Pasukan Marinir (Mako Pasmar) sejak November 2017 lalu. Meski tempatnya tidak terlalu besar, namun seluruh fasilitas memadai dan terdapat sport science.

Video: Persiapan Atlet Angkat Besi Jelang AG 2018 Capai 90 Persen
 


(RIZ)