Jelang Asian Games 2018

Persiapan Asian Games 2018, Menpora: So Far, So Good

Ahmad Mustaqim    •    03 November 2017 00:03 WIB
asian games 2018
Persiapan Asian Games 2018, Menpora: So Far, So Good
Menpora Imam Nahrawi saat membuka Pekan Olahraga Nasional Korps Pegawai Republik Indonesia ke-14 di Yogyakarta (Foto: MTVN/Ahmad Mustaqim)

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Indonesia semakin siap untuk menggelar multi-event olahraga terbesar Asia, Asian Games 2018. Hal tersebut dilontarkan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi.

Dalam pernyataannya saat menghadiri pembukaan Pekan Olahraga Nasional Korps Pegawai Republik Indonesia (Pornas Korpri) ke-14 di Yogyakarta, Kamis 2 Oktober 2017, Menpora menyebut, Jakarta dan Palembang sebagai tuan rumah, tidak memiliki masalah berarti dalam mempersiapkan berbagai hal yang dibutuhkan.

"Persiapan Asian Games 2018 tidak masalah. So far, so good," ujar Menpora saat ditemui di GOR Amongraga, tempat pembukaan Pornas Korpri.
 

Baca: Februari, Daud Yordan Dijadwalkan Kembali Naik Ring


Ia mengungkapkan, persiapan dari aspek penyelenggaran, infrastruktur, dan prestasi sudah sesuai jalur yang diharapkan. Meskipun, venue salah satu cabang olahraga, yakni squash (tenis dinding) masih akan dibangun bekerja sama dengan pemerintah DKI Jakarta di daerah Cakung.

"Persiapan kami sudah on the track. Beberapa venue masih disiapkan," kata dia.

Ia menegaskan, batas maksimal persiapan bisa diketahui pada Februari 2018. Nanti, kata dia, akan akan test event guna menguji kesiapan Indonesia sebagai tuan rumah. "Standar-standar yang harus dipenuhi akan dipenuhi," lanjutnya. 

Ia menambahkan, pemerintah belum membahas target Indonesia untuk ajang Asian Games 2018. Menpora memastikan bakal mengumumkan target itu pada Juli 2018. 
 

Baca juga: Berprestasi di Level Dunia, Atlet Muda Indonesia Diguyur Bonus


Saat ini, pihaknya masih mendorong para atlet konsentrasi penuh di pemusatan latihan nasional (pelatnas), try out, serta training. Persiapan bagi para atlet tersebut juga sudah berjalan. 

"Kita masih menunggu Perpres baru soal pemangkasan birokrasi agar koordinasi cepat dan memberi porsi lebih pada pimpinan olahraga dalam meningkatkan prestasi," kata dia.

Asian Games 2018 akan digelar di Jakarta-Palembang mulai 18 Agustus - 2 September 2018. Akan ada 40 cabang olahraga dengan 462 nomor yang akan dipertandingkan.

Video: ?Tim Renang Indonesia Batal Berlatih di Australia



(ACF)