ASEAN Basketball League (ABL) 2017--2018

CLS Knights Akhirnya Akhiri Paceklik Kemenangan

Krisna Octavianus    •    29 Januari 2018 07:27 WIB
asean basketball league
CLS Knights Akhirnya Akhiri Paceklik Kemenangan
Biboy tampil gemilang membawa CLS Knights Indonesia meraih kemenangan kedua. (Foto: ist)

Taiwan: CLS Knights Indonesia harus bersabar menunggu 71 hari lamanya untuk mengakhiri paceklik kekalahan mereka dalam lanjutan ASEAN Basketball League (ABL) 2017--2018. Itu terjadi usai mereka mampu mengalahkan tuan rumah Formosa Dreamers 105-74, di Changhua Stadium, Minggu 28 Januari.

Sebelumnya, pada pertemuan awal mereka (di GOR Kertajaya 18 November silam), Mario Wuysang dkk mampu melumat wakil Taiwan itu dengan skor 94-73 dan sekaligus hasil tersebut merupakan satu-satunya kemenangan yang mereka dapatkan sejauh ini.

Sinyal kemenangan CLS Knights sudah tercium sejak lepas tip-off kuarter pertama, saat Frederick Lee Jones Lish langsung membawa timnya unggul 4-0 di menit-menit awal.  Tidak hanya berhenti sampai situ saja, Mario Wuysang dkk tampil cukup produktif untuk meladeni Formosa Dreamers. Hasilnya mereka mampu menutup kuarter pertama dengan keunggulan sementara 32-15.

Kuarter kedua, CLS Knights tidak mengendurkan pola serangannya. Justru mereka kembali merajalela di area pertahanan tuan rumah. Terbukti total 23 angka berhasil diraih tim asuhan Koko Heru Setyo Nugroho, seraya menutup babak pertama usai (55-35).

Konsistensi mempertahankan margin kemenangan dan memanfaatkan banyaknya kesalahan yang dibuat tim lawan (13 turnovers) berhasil dijaga oleh anak-anak Surabaya ini. Selain itu, pelatih CLS Knights juga mengatakan, kunci kemenangan hari ini karena para pemainnya tampil lepas dan menjalankan dengan baik game plan yang disiapkan, berdasarkan analisa yang telah dijabarkan oleh staf pelatih. Upaya ini pun akhirnya berbuah manis dengan keunggulan mutlak pada kuarter sisa berikutnya dan skor berakhir 105-74.

Kemenangan kali ini juga tidak tidak lepas dari kerja keras para pemain CLS Knights di lapangan, khususnya penampilan yang cukup impresif Shane Edwards yang mampu mencetak total 24 poin dan 15 rebound. Sebelumnya pada dua kuarter awal, eks pemain Cleveland Cavaliers itu berhasil memberikan 18 angka untuk timnya. Beberapa pemain lainnya yang juga tampil baik dan berkontribusi membawa kemenangan kedua untuk CLS Knights pada pertandingan kali ini adalah Ebrahim “Biboy” Enguio Lopez (cetak 16 angka) serta Mario Wuysang dan Frederick Lee Jones Lish (keduanya sama-sama mencetak 15 angka).

"Kemenangan yang bagus untuk kami. Semua pemain step up dan mengerjakan tugas mereka dengan baik dari menit awal sampai akhir. Saya berikan kredit untuk semua pemain saya, khususnya Shane Edwards, Freddy, Biboy. Selama para pemain saya bisa tampil smart dan having fun di lapangan, saya rasa mereka bisa tampil seperti ini secara regular. Mario dan Brian juga tetap konsisten di levelnya dan yang terpenting para pemain lokal kami mau tetap belajar untuk terus menjadi lebih baik, contohnya pada pertandingan tadi, permainan Firman terus meningkat.” Komentar Koko Heru Setyo Nugroho.

“Saya juga bersyukur bisa mengakhiri paceklik kekakalahan beruntun ini. Kemenangan ini pantas untuk para pemain saya dan manajemen CLS Knights yang sudah bekerja keras dan sabar. Selain itu kemenangan ini saya persembahkan untuk fans CLS Knights. Just keep on supporting us, baik dengan kritikan yang pedas, karena saya tahu sebenarnya kalian sangat cinta dengan tim ini. Apapun hasilnya kita harus legowo dan terus fokus untuk menjadi lebih baik kedepannya. Next game-nya kami harus mempersiapkan lagi lebih baik lagi dan terus berusaha meraih kemenangan disetiap pertandingannya,” lanjutnya.

Pada pertandingan berikutnya, CLS Knights Indonesia akan kembali berlaga dalam partai tandangnya melawan KL Dragons pada 4 Februari.

 


(KRS)