AFF Futsal 2018

Gagal di AFF, Indonesia Bidik AFC Futsal

Ahmad Mustaqim    •    12 November 2018 10:27 WIB
Piala Aff Futsal
Gagal di AFF, Indonesia Bidik AFC Futsal
Timnas Futsal Indonesia (Foto: Ahmad Mustaqim/Medcom.id)

Sleman: Timnas Indonesia gagal mencapai target melaju ke partai final Piala AFF Futsal yang diselenggarakan di GOR Universitas Negeri Yogyakarta, 5-11 November 2018. Indonesia hanya bisa menempati peringkat ketiga pada ajang tersebut. 

Sekretaris Jenderal PSSI, Ratu Tisha Destria, mengatakan capaian itu sebetulnya tak terlalu buruk. Menurut dia, perjuangan tim sudah maksimal. 

"Perjuangan pemain dan tim kepelatihan sudah bekerja maksimal. Dan orang-orang di balik layar kesuksesan mendapat peringkat ketiga. Dari mulai mengajukan agar turnamen bisa dimainkan di Indonesia," kata Ratu Tisha di GOR UNY, Minggu petang, 11 November 2018. 

Ratu Tisha mengakui, tim tak bisa memenuhi target Federasi Futsal Indonesia (FFI) untuk bisa masuk ke final. Namun, ia menilai penampilan para pemain Indonesia cukup bagus. 

Pada semifinal, Indonesia kalah 2-3 dari Thailand lewat babak perpanjangan waktu. Permainan Indonesia juga bisa berimbang dengan Thailand. Melawan Vietnam pada laga perebutan peringkat ketiga, Indonesia tampil lebih baik dan menang 3-1. 

Bagi Ratu Tisha, penampilan para pemain dalam dua laga terakhir itu jadi awal yang baik bagi timnas futsal. Menurut dia, peringkat ketiga sekaligus menjadi hadiah Timnas agar bisa bangkit untuk turnamen-turnamen yang lain ke depan. 

"Menurut saya ini jadi motivasi anak-anak. Jangan cepat puas diri. 2019 kita ada kualifikasi untuk menuju AFC futsal pada 2020. Konsentrasi harus tetap fokus semuanya. Perjuangan belum berakhir," tuturnya. 

Timnas Futsal Indonesia masih akan berada di bawah nakhoda pelatih asal Jepang, Kensuke Takahashi. Kensuke didatangkan lantaran adanya kerja sama dengan federasi sepakbola Jepang atau JFA. 

"(Kepemimpinan) coach Kensuke masih sampai tahun depan. Bagaimana kelanjutannya, nanti akan ada di tangan federasi futsal," tutupnya. 

Bima Sakti Tanggapi Desakan Mundur



(FIR)