Atlet SEA Games Juara MTB XCM 2017

Rendy Renuki H    •    23 September 2017 19:46 WIB
balap sepeda
Atlet SEA Games Juara MTB XCM 2017
Chandra Rafsanzani (Istimewa)

Metrotvnews.com, Pandeglang: Atlet balap sepeda SEA Games Chandra Rafsanzani merebut juara ajang Mountain Bike Cross Country Marathon (MTB XCM) Tanjung Lesung 2017 yang diikuti 72 peserta. Atlet dari Ikatan Sport Sepeda Indonesia (IISI) Pangandaran itu mencatatkan waktu 2 jam 9 menit 39 detik melibas jarak 48 kilometer.

Walau lintasan yang dilaluinya kali ini sama seperti di daerah asalnya, ia mengakui cukup kesulitan melalui medan yang ada di Tanjung Lesung. Butuh daya tahan tubuh prima untuk bisa menjelajahi trek yang banyak terdapat lintasan mendatar.

"Sebenarnya treknya sama saja dengan Pangandaran (homebase-nya). Tapi di sana banyak tanjakan dan turunan. Kalau di sini jalan datar tapi butuh skill yang bagus karena tidak bisa kencang gowes sepedanya," kata Chandra usai balapan, Sabtu (23/9/2017).

"Tantangannya, jalan yang licin karena karang lepas, daya tahan harus bagus karena cuacanya panas sekali. Walaupun jalannya flat, tapi angin kencang, di belokan banyak pecahan karang jadi tidak bisa rem banyak sekaligus, harus pintar handling," jelasnya. 

(Baca: Tantangan Tersendiri di Rhino X-Tri)

Chandra juga ternyata memiliki pengalaman di SEA Games 2011 Jakarta-Palembang dan pada edisi 2013 di Myanmar lalu. Ia tercatat menyumbang dua medali emas di dua ajang SEA GAmes di dua nomor berbeda yakni perseorangan di SEA Games 2011 dan team relay di SEA Games 2013. 

"Saya juara di SEA Games 2011 nomor perseorangan, juara team relay di SEA Games 2013 Myanmar. Saya juga juara di PON 2016 mewakili Jawa Barat. 2014 juga sempat ikut Asian Games di Incheon, Korea Selatan tapi finis urutan kesembilan," terang Chandra.

Sayang, pira yang kini menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) Kabupaten Pangandaran itu sudah empat tahun terakhir absen di ajang multievent. Ia berharap bisa kembali tampil terutama di Asian Games 2018 Jakarta-Palembang. 

"Belum ada panggilan untuk ke Asian Games. Jadi, saya belum tahu," tutupnya.

Pada gelaran MTB XCM ini, Rafika Farizi menjadi juara kedua dengan catatan waktu 2 jam 9 menit 44 detik. Sedangkan Muhammad Wildan finis di posisi ketiga lewat torehan waktu 02 jam 09 menit 50 detik.

Video: ?Pembangunan Velodrome Rawamangun Capai 63%
 


(REN)